Pemprov Gorontalo

Koperasi ASN Gorontalo Panen Jagung Perdana

 

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kedua kir) bersama Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie (kedua kanan), memanen jagung di lahan yang dikelola oleh koperasi El Manadi Bapppeda Provinsi Gorontalo di Desa Butu, Kecamatan Tilongkabila, Kab. Bone Bolango, Senin (1/2/2021).

PROSESNEWS.ID – Koperasi El Madani melaksanakan panen jagung perdana di Desa Butu, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Senin (1/2/2021).

Koperasi yang didirikan pada tahun 2020 itu beranggotakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah (Bapppeda) Provinsi Gorontalo. Sektor pertanian menjadi salah satu bidang usaha koperasi dengan memanfaatkan lahan tidur untuk ditanami jagung.

“Koperasi Bapppeda Provinsi Gorontalo telah membuktikan berhasil mengolah lahan tidur dengan menghasilkan enam ton jagung pada lahan seluas satu hektar. Ini patut menjadi contoh bagi masyarakat dalam memanfaatkan lahan tidur untuk peningkatan kesejahteraan keluarga,” kata Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim pada panen perdana dan pencanangan tanam di lahan yang dikelola oleh Koperasi El Madani.

Idris mengungkapkan, berdasarkan data Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo lahan tidur di Kabupaten Bone Bolango luasnya mencapai 12 ribu hektar. Menurutnya, jika lahan seluas itu dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, pasti akan berdampak pada peningkatan produksi dan produktivitas hasil pertanian yang akan bermuara pada meningkatkanya kesejahteraan masyarakat.

“Mari kita manfaatkan lahan tidur yang merupakan karunia Allah Swt ini. Pemprov Gorontalo pasti akan mendukung sepenuhnya, ada benih gratis, bajak gratis, serta ada juga alsintan yang disiapkan Dinas Pertanian untuk membantu petani,” tutur Idris.

Pada kesempatan itu Wagub Idris Rahim bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie, menyerahkan bantuan kepada sejumlah kelompok tani di Bone Bolango. Bantuan terdiri dari benih jagung sebanyak 500 kilogram untuk dua kelompok tani, termasuk bantuan kepada Koperasi El Madani untuk lahan seluas dua hektar, bantuan benih sayur untuk tiga kelompok, serta bantuan pasca panen cengkeh sebanyak satu unit senilai Rp132 juta.

Recent Posts

KPU Kabgor Tingkatkan Partisipasi Masyarakat melalui Semarak Pilkada

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo resmi menyelesaikan seluruh rangkaian acara Semarak Pemilihan…

14 jam ago

KAMMI Gorontalo Minta Disdikbud Selesaikan Kasus Bullying dalam Sepekan

PROSESNEWS.ID – Puluhan mahasiswa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Gorontalo menggelar aksi protes…

15 jam ago

Kapasitas Pasang-Roni Adnan Diakui Masyarakat Limboto Barat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Roni-Adnan mendapatkan apresiasi dari masyarakat saat menggelar…

16 jam ago

Usman Mbolosi Sebut Buteng Butuh Pemimpin Berkemampuan Akademis, Bukan Abal-Abal

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Ketua Kerukunan Keluarga Wambuloli, Usman Mbolosi, mengatakan hanya pasangan Dr Azhari-Adam…

16 jam ago

KPU Pohuwato Akan Rekrut 1.806 Anggota KPPS untuk Sukseskan Pemilu 2024

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato berencana merekrut 1.806 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan…

1 hari ago

Zulfikar Usira Pastikan Pasangan DEWA Akan Jangkau Seluruh Masyarakat Kabgor

PROSESNEWS.ID – Ketua tim pemenangan pasangan Hendra - Wasito (DEWA) , Zulfikar Usira menegaskan, pasangan…

2 hari ago