Universitas Negeri Gorontalo

MBKM Projek Desa Jurusan Sosiologi UNG, Strategi Percepatan Masa Studi

PROSESNEWS.ID — Mahasiswa semester enam Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo (UNG), telah mengukir prestasi melalui pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Projek Desa (PD) tahun 2023.

Program tersebut berhasil memberikan dampak positif dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa dan percepatan masa studi.

Dalam program ini, mahasiswa terbagi ke beberapa Desa di Kabupaten Bone Bolango, masing-masing mengusung tema proyek yang berbeda.

Keberhasilan mereka terwujud dalam kontribusi nyata pada pembangunan masyarakat setempat, dengan fokus pada aspek-aspek seperti ketahanan pangan, kesehatan, dan sosial-ekonomi.

Menariknya, Ketua Jurusan Sosiologi UNG, Dr. Rahmatiah, S.Pd, M.Si menyampaikan, konversi 20 SKS dalam program MBKM-PD yang dilaksanakan selama 4 bulan menjadi faktor utama percepatan kelulusan.

Hal tersebut tentunya sudah sesuai dan bahkan melampaui standar Nasional Perguruan Tinggi, sebagaimana diatur dalam peraturan Kemendikbud Nomor 3 Tahun 2020.

Regina Alipu dengan IPK 3,75 dan Rohit Hunawa dengan IPK 3,61, berhasil menyusun skripsi di bawah bimbingan Dr. Farid Th. Musa, S.Sos., M.A, Ridwan Ibrahim, S.Pd., M.Si dan Rudi Harold, S.Th., M.Si.

Mereka tidak hanya meraih percepatan studi, tetapi juga memenuhi syarat untuk mendapatkan predikat Cumlaude. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja kolaboratif mahasiswa dan dosen pembimbing.

“Prestasi yang diraih mahasiswa kami, juga tidak terlepas dari bimbingan para Dosen Pembimbing Lapangan yang telah mendorong kepada mahasiswa menyusun rencana proposal penelitian untuk mengisi kekosongan waktu pada saat kegiatan MBKM PD sedang berlangsung. Jadi Keberhasilan yang dicapai oleh kedua mahasiswa kami adalah kerja kolaboratif mahasiswa dan dosen,” jelas Rahmatiah saat ditemuai di Fakultas Ilmu Sosial, Rabu (17/1/23).

Sementara itu, Regina Alipu mengakui adanya program KKN MBKM PD membuat dirinya bisa lebih cepat dalam menyelesaikan studi. Ia mengatakan, program tersebut sangat membantu mahasiswa dalam mempercepat penyelesaian studi terutama bagi mahasiswa yang tercover dalam Beasiswa KIP maupun Bidikmisi, yang dituntut harus menyelesaikan studi dalam waktu kurang dari 4 tahun.

“Jika tidak mengikuti program KKN MBKM PD pada semeter 6 kemarin, mungkin studi saya tidak akan selesai secepat ini,” ungkapnya.

Keberhasilan program ini juga menegaskan komitmen Jurusan Sosiologi UNG dalam memberikan pengalaman pembelajaran yang nyata dan memberdayakan mahasiswa untuk berkontribusi positif pada masyarakat.

Reporter: Zulkarnaen

Recent Posts

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

16 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

18 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

19 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

21 jam ago

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 hari ago

Al Habib Jindan Hadiri UNG Bersholawat, Ribuan Jamaah Penuhi Halaman Rektorat

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menggelar acara UNG Bersholawat, di mana ribuan jemaah…

1 hari ago