Pemprov Gorontalo

Menggugah Minat Belajar, Disdiknud Provinsi Gorontalo Adakan Seminar Museum Purbakala

PROSESNEWS.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Gorontalo melalui UPTD Museum Purbakala mengadakan seminar kajian koleksi museum dengan tujuan meningkatkan minat belajar siswa terhadap museum dan koleksi-koleksi yang ada di dalamnya di Halaman Kantor UPTD Museum Purbakala, Kamis (14/8/23).

Kegiatan ini menjadi langkah positif dalam menggugah minat siswa terhadap budaya dan sejarah lokal.

Kepala Dinas Dikbuda Provinsi Gorontalo, Rusli W Nusi mengatakan, salah satu fokus utama seminar ini adalah mata uang, di mana para peserta seminar diharapkan dapat mendapatkan informasi terkait mata uang dengan tujuan untuk mengenalkan sejarah dan nilai-nilai ekonomi yang terkandung dalam mata uang kepada para peserta didik baik SMP maupaun SMA sederajat.

“Kita harus memberikan penjelasan yang mendalam terhadap koleksi-koleksi ini, tidak hanya sekadar menampilkan saja. Pengkajian dalam seminar ini penting untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam, termasuk konteks sejarah dan kondisi sosial ekonomi saat mata uang tersebut digunakan,” jelas Rusli.

Rusli menilai, mata uang memiliki peran yang sangat penting sebagai alat tukar dalam peredaran ekonomi. Oleh karena itu, peningkatan pemahaman siswa terhadap mata uang dapat berdampak positif pada pemahaman peserta tentang ekonomi secara keseluruhan.

“Kami mengharapkan peran aktif dari berbagai pihak, karena provinsi tidak bisa menjalankan ini sendirian. Kami akan mendistribusikan kegiatan serupa untuk menjangkau seluruh potensi peserta didik, mulai dari SMP, SMK, hingga SMA yang ada di wilayah Provinsi Gorontalo.”

Rusli juga mengungkapkan, selama ini upaya telah dilakukan dengan mengadakan kunjungan ke museum yang dijadwalkan di setiap sekolah, serta membawa museum ke dalam sekolah dengan berbagai kegiatan lomba, terutama dalam bidang informasi.

Dengan seminar ini, diharapkan minat siswa terhadap budaya dan sejarah lokal, khususnya mata uang, dapat semakin meningkat.

Seminar kajian koleksi museum ini menjadi salah satu langkah dalam mengenalkan generasi muda Gorontalo pada warisan budaya dan sejarah provinsi mereka, sekaligus memotivasi mereka untuk menjadi pemelihara dan peneliti masa depan.

Reporter: Zulkarnaen

Recent Posts

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

22 menit ago

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership…

42 menit ago

Dinas Pendidikan Gorontalo Adakan Bimtek Penyusunan Laporan Dana BOS dan BMD 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Dana…

22 jam ago

Kunjungi Buteng, Tina Alam Ungkap Programnya sebagai Cagub Sultra

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Tina Nur Alam bersama rombongan siang tadi berkunjung ke Buton Tengah…

2 hari ago

Coklit Data Pemilih di Boalemo Sudah Capai 67,83%

PROSESNEWS.ID - Proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk Pemilihan Kepala Daerah yang dilakukan oleh Panitia…

2 hari ago

Ketua KPU Gorontalo Turun Langsung Bersama Pantarlih Melakukan Coklit

PROSESNEWS.ID - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Roy Hamrain turun langsung bersama…

2 hari ago