Olahraga

Meski Kini di Tim Satelit, Valentino Rossi Tetap Punya Tugas dari Yamaha

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi (Foto: Instagram @sepangracingteam)

Valentino Rossi akan mengarungi Kejuaraan Dunia MotoGP2021 bersama tim satelit Yamaha, Petronas SRT. Pasalnya, posisi Valentino Rossi sebagai pembalap pabrikan telah digantikan oleh Fabio Quartararo.

Yamaha bahkan sudah mengumumkan bahwa mereka akan mengganti pembalap berjuluk The Doctor itu dengan Quartararo sejak akhir Januari 2020. Yamaha pasalnya menilai bahwa sudah waktunya melakukan regenerasi.

Terlepas dari kontribusi yang telah diberikan Valentino Rossi selama ini, Yamaha ingin mempersiapkan pembalap masa depan. Maka dari itu, dengan sangat terpaksa mereka harus mendepak Valentino Rossi yang sudah mengabdi selama 15 tahun.

Kendati demikian, bukan berarti Yamaha telah membuang Valentino Rossi. Direktur Balap Yamaha, Lin Jarvis, menerangkan bahwa pihaknya masih membutuhkan jasa The Doctor, utamanya dalam hal pengembangan motor.

“Memang benar bahwa bagian dari pengembangan dipimpin oleh tim pabrikan. Namun, Valentino adalah faktor yang sangat penting dalam pengumpulan data,” jelas Jarvis, dinukil dari Speedweek, Selasa (23/3/2021).

Menurut Jarvis, semakin banyak pembalap di lintasan maka akan semakin bagus untuk mengumpulkan data. Maka dari itu, Yamaha sangat membutuhkan kontribusi dari seluruh pembalap mereka, termasuk yang ada di tim satelit.

“Sangat penting untuk memiliki banyak pembalap di lintasan dan tidak diragukan lagi bahwa teknisi kami akan menggunakan data dari Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Valentino sebagai dasar untuk meningkatkan motor,” papar Jarvis.

“Tapi kami juga akan mendapatkan informasi menarik dari Franky (Morbidelli) tentang motor A-Spec. Itulah mengapa tidak banyak yang berubah di sana, tidak akan ada defisit dan cara kami mengembangkan motor tidak akan berubah,” lanjutnya.

Valentino Rossi sendiri hanya dikontrak oleh Petronas Yamaha SRT selama satu musim. Ini berarti, masih belum diketahui apakah The Doctor masih akan ikut berkompetisi di MotoGP 2022.

Saat ini, Valentino Rossi ingin mencari tahu terlebih dahulu di mana posisinya. Dalam artian, jika Valentino Rossi merasa masih kompetitif, maka ia kemungkinan akan kembali bertarung di kejuaraan dunia tahun depan. Namun, jika yang terjadi sebaliknya, maka ada kemungkinan ia bakal pensiun. (Okezone.com)

Hendry Kurniawan

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

7 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

13 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago