Uncategorized

Niat Asrofi Bangun Daerah, Buat Rusli Habibie Takjub

PROSESNEWS.ID – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memberikan apresiasi yang tinggi kepada Asrofi Gali (65), warga Gorontalo yang sudah 32 tahun merantau di Papua yang memutuskan kembali ke Gorontalo dan membangun daerahnya.

Apa pasal? Asrofi mendirikan pesantren di Desa Wonosari, Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Namanya pesantren Modern Darul Madinah Wonosari.

“Saya sangat bersyukur dan memberikan apresiasi kepada beliau. Putra asli Gorontalo dari Jawa (transmigran), 32 tahun merantau di Papua dan pulang ke Gorontalo bawa ole-ole membangun pesantren. 10 saja orang seperti beliau maka majulah daerah ini,” puji Gubernur Rusli Habibie usai menandatangani prasasti untuk meresmikan pesantren tersebut, Selasa (21/1/2020).

Gubernur Rusli Habibie meyakini, banyak warga Gorontalo yang berkarir dan sukses merantau di luar daerah. Dia berharap mereka bisa kembali dan membangun Gorontalo.
“Jangan datang hanya ada momen-momen politik. Contohnya, ketika ada pemilihan gubernur, jadi calon gubernur. Enggak apa-apa, boleh juga itu, tapi tolong bantu (bangun) Gorontalo. Contohnya seperti beliau ini, kembali membangun tanpa kepentingan politik,” imbuhnya.

Asrofi Gali diketahui merupakan warga transmigran di Wonosari tahun 1977. Usai menamatkan sekolah di SMEA tahun 1988, atau sekarang SMKN 1 Kota Gorontalo, Asrofi mengadu nasib di Papua dengan menjadi karyawan bank daerah di sana.

“Tahun 2013 saya memutuskan pensiun dini dan fokus usaha bahan bangunan. Alhamdulillah, sekarang sudah berjalan sekitar 8 tahun,” kenang Asrofi.

Terkait dengan Pondok Pesantren Darul Madinah yang dirintis, Asrofi menyebut akan dikelola mulai dari jenjang TK-IT, SD-IT SMP-IT dan SMA-IT. Pesantren dengan sistem asrama itu menelan anggaran lebih kurang Rp 2 Miliar.
“Insya Allah, untuk tahun ajaran baru kami siapkan TK satu ruangan, SD sampai SMA masing-masing 2 ruangan. Untuk asramanya putra-putri sudah kami siapkan,” sambungnya.

Melihat antusias Asrofi, Gubernur Rusli Habibie tidak mau ketinggalan untuk beramal. Ia meniatkan menyumbang beras sebanyak 1 Ton setiap panen sawah miliknya. Bantuan ikan melalui program pemerintah “Fish Go to School” juga akan disumbangkan ke pesantren itu tiap bulannya.(Ads)

Recent Posts

Bawa 1 Sachet Sabu, Pria di Gorontalo Ditangkap Polisi

PROSESNEWS.ID – Seorang pria berinisial LM (33), warga Kecamatan Dungingi, ditangkap oleh Tim Resnarkoba Polresta…

17 jam ago

Pantarlih Gorontalo Selesaikan Coklit Hanya Dalam 2 Hari, Tercepat se-Indonesia

PROSESNEWS.ID - Hanya dalam kurun waktu dua hari, petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) di Gorontalo…

17 jam ago

Lebih dari 1.100 Guru Honorer di Gorontalo Mendapat Perlindungan Ketenagakerjaan

PROSESNEWS.ID – Dalam upaya memberi perlindungan kepada tenaga honor, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi…

2 hari ago

Ratusan Warga Bone Bolango Dievakuasi Akibat Banjir Bandang

PROSESNEWS.ID - Ratusan warga di Desa Panggulo, Kecamatan Suwawa Barat, Kabupaten Bone Bolango, dievakuasi pada…

2 hari ago

Upaya Pengendalian Inflasi, Pemkot Beri Bantuan BBM kepada Pengemudi Bentor

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kota Gorontalo dalam upayanya mengendalikan inflasi, memberikan bantuan berupa Bahan Bakar Minyak…

2 hari ago

Peringati HANI 2024, Pemda Buteng Komitmen Wujudkan Masyarakat Bersih Narkotika

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) berkomitmen dalam mencegah…

2 hari ago