Pemkot Gorontalo

Pelestarian Budaya Gorontalo, DKP dan BI Akan Gelar Bedah Buku

PROSESNEWS.ID – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kota Gorontalo dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Gorontalo bakal menggelar kegiatan bedah buku Sejarah Kebudayaan Gorontalo.

Rencananya, kegiatan yang akan mengangkat tema “Dampak Globalisasi Terhadap Kebudayaan Gorontalo” ini, akan diselenggarakan pada 17 Mei 2024 mendatang di Banthayo Lo Yiladia (BLY) atau rumah jabatan Wali Kota Gorontalo.

Menurut Kepala DKP Kota Gorontalo, Siti Dahlia Syarif, acara bedah buku dilaksanakan dalam rangka memperingati hari perpustakaan nasional.

“Tadi pihak kami sempat sounding dengan pihak Bank Indonesia terkait kerja sama pelaksanaan kegiatan bedah buku tentang Sejarah Kebudayaan Gorontalo dalam rangka memperingati hari perpustakaan nasional,” ucap Siti Dahlia.

Ia menambahkan, pada kegiatan nanti, pihaknya bersama BI Gorontalo akan menghadirkan narasumber yang berkompeten dan 100 undangan yang berasal dari kalangan akademisi, tokoh adat, para camat dan lurah se-Kota Gorontalo, serta mahasiswa.

Ketika ditanya alasan memilih bedah buku tentang sejarah kebudayaan Gorontalo? Wanita yang lebih akrab disapa Lia itu menjawab, pihaknya ingin menggali dan mendalami sejarah serta kebudayaan masyarakat Gorontalo, yang nantinya akan dibagikan ke masyarakat.

“Kita harus melestarikan budaya. Salah satunya melalui kegiatan-kegiatan seperti ini,” tandasnya.

Kegiatan bedah buku ini, kata Lia, masih dalam bentuk rencana yang dituangkan ke proposal dan telah diserahkan ke BI Gorontalo.

“Kami juga masih akan menyesuaikan waktu pimpinan, baik itu dari Pemerintah Kota Gorontalo maupun pimpinan BI Gorontalo. Jika nantinya tidak memungkinkan, kegiatannya akan diganti dengan galeri UMKM,” pungkasnya.

Recent Posts

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

15 menit ago

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership…

34 menit ago

Dinas Pendidikan Gorontalo Adakan Bimtek Penyusunan Laporan Dana BOS dan BMD 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Dana…

22 jam ago

Kunjungi Buteng, Tina Alam Ungkap Programnya sebagai Cagub Sultra

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Tina Nur Alam bersama rombongan siang tadi berkunjung ke Buton Tengah…

2 hari ago

Coklit Data Pemilih di Boalemo Sudah Capai 67,83%

PROSESNEWS.ID - Proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk Pemilihan Kepala Daerah yang dilakukan oleh Panitia…

2 hari ago

Ketua KPU Gorontalo Turun Langsung Bersama Pantarlih Melakukan Coklit

PROSESNEWS.ID - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Roy Hamrain turun langsung bersama…

2 hari ago