Gorontalo

Pemda Gorut dan Kapoksahli Pusterad Bahas Peningkatan Pertahanan Nasional

Bupati Kabupaten Gorontalo Utara, Indra Yasin (kanan) saat menerima kunjungan kerja Kepala Kelompok Staf Ahli Pusat Teritorial Angkatan Darat (Kapoksahli Pusterad) Brigjen TNI Eko Susetyo (tengah) bahas Peningkatan Pertahanan Nasional, Selasa (4/8/2020 ).

PROSESNEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, menerima kunjungan kerja tim dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad), Selasa (4/8/2020 ).

Tim yang dipimpin Kepala Kelompok Staf Ahli Pusat Teritorial Angkatan Darat (Kapoksahli Pusterad) Brigjen TNI Eko Susetyo, diterima langsung Bupati Gorut Indra Yasin, didampingi Asisten III Yospin Dangkua, bersama jajaran pimpinan OPD, di Aula Tinepo Kantor Bupati Gorut.

Bupati Gorut Indra Yasin mengatakan, atas nama pemerintah daerah sangat menyambut baik kunjungan tim Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad).

“Saya sambut baik kunjungan dari tim Pusterad yang dipimpin Brigjen TNI Eko Susetyo. Tentu kami berterima kasih karena Gorontalo Utara ikut mendapat perhatian,” ucapnya dihadapan awak media.

Bupati mengungkapkan kunjungan kerja tim dari Pusterad ini, meminta kepada seluruh daerah dalam rangka peningkatan rakyat semesta atau ketahanan secara nasional.

“Mereka berharap ada dari kearifan lokal yang boleh digunakan untuk pertahanan nasional di masing-masing wilayah,” jelas Indra Yasin.

Menaggapi hal tersebut, Bupati Indra Yasin mengharapkan dan memimta kepada setiap Kepala Desa, Ketua RT/RW diwilayah Kabupaten Gorontalo Utara untuk ikut andil dalam melakukan pengawasan di masing-masing wilayahnya guna menjaga situasi dan kondisi keamanan.

“Kami akan segera menyampaikan kepada seluruh kepala Desa, dari tingkat atas maupun bawah untuk segera mempungsikan kembali pos kamling yang saat saya lihat sudah tidak ada lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapoksahli Pusterad, Brigjen TNI Eko Susetyo mengaku pihaknya akan mengkaji tentang sistem pertahanan semesta.

“Jadi, sistem pertahanan ini kan melibatkan rakyat, kami datang ke Bupati Gorontalo Utara, karena bupati adalah pemilik wilayah, dia adalah penguasa wilayah. Jadi, kita minta masukan dari wilayah, pertahanan semesta di Gorut, seperti apa yang menjadi masukan dari wilayahnya,” pintanya.

Karena kata jenderal bintang satu itu, dalam pertahanan semesta ini harus ada kearifan lokal yang akan mewadahi.

“Selanjutnya masukan yang kita tampung akan kita bawa. Kita akan padukan dengan daerah lain yang akan menjadi kebijakan, seperti itu yang kita buat,” tandas Brigjen TNI Eko Susetyo. (Usi)

Recent Posts

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

3 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

4 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

23 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago