Pemprov Gorontalo

Pemrov Segera Aplikasikan Layanan Kepegawaian Berbasis Digital

PROSESNEWS.ID – Provinsi Gorontalo bakal menjadi satu-satunya provinsi yang sedang mengembangkan layanan kepegawaian berbasis digital.

Layanan berbasis digital ini untuk memudahkan pegawai dalam hal pengurusan kenaikan pangkat (kenpa), kenaikan berkala sampai dengan pengurusan pensiun agar tidak lagi bergulat dengan segala macam bentuk kertas dan tepat waktu.

Bersamaan dengan itu, Provinsi Gorontalo bakal menjadi pilot project layanan kepegawaian untuk wilayah Regional XI Manado.

“Target kami pada kenaikan pangkat pada bulan April nanti sudah berbasis digital. Kami juga sudah bekerjasama dengan BKN (Badan Kepegawaian Negara),” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Gorontalo, Zukri Suratinojo, Rabu (22/1/2020).

Zukri juga mengungkapkan, untuk mempercepat penggunaan layanan kepegawaian berbasis digital ini, dalam waktu dekat pihaknya sudah menyiapkan tim untuk turun ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meminta kelengkapan administrasi PNS untuk di digital-kan.

Khusus untuk pengurusan kenaikan pangkat, lanjut Zukri, pihaknya masih menemui masalah khususnya untuk jabatan fungsional. Kendalanya, berada pada penilaian angka kredit. Selama ini, lanjutnya, belum ada sebuah kesepakatan dan kesepahaman tata cara penilaian angka kredit yang benar dan sesuai.

Kadang kala di masing-masing OPD yang memiliki jabatan fungsional hanya memiliki tim penilai angka kredit. Yang seharusnya di setiap OPD harus ada sekretariat tim penilai angka kredit.

“Jadi bukan hanya tim penilai saja tetapi harus ada juga sekretariatnya. Olehnya, dengan pelaksanaan bimtek ini, tentunya kedepan masalah-masalah seperti ini tidak terjadi lagi. Kami juga menegaskan bagi pejabat fungsional yang tidak mengikuti bimtek, tidak akan dilayani dalam pengurusan kenaikan pangkat pada bulan april ini,” pungkasnya. (Ads)

Recent Posts

UNG dan UGM Laksanakan KKN Kolaborasi untuk Pemberdayaan Masyarakat di Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) berkolaborasi dalam mendorong pemberdayaan…

7 menit ago

Kepulangan Jemaah Haji Gorontalo Kloter 12 Disambut Pj Gubernur

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin menyambut kedatangan 450 jemaah haji yang tergabung…

28 menit ago

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

22 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

22 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago