Dekab Pohuwato

Penambang Lokal Sambangi DPRD Pohuwato, Minta Solusi atas Persoalan Tambang

PROSESNEWS.ID – Ada yang menarik saat sejumlah penambang lokal mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pohuwato, pada Selasa, (8/8/2023) kemarin.

Kedatangan mereka tidak lain ingin menyampaikan aspirasi tentang polemik yang saat ini tengah bergejolak antara perusahaan (Pani Gold Project) dan masyarakat penambang lokal itu sendiri.

Tetapi, pada saat penyampaian aspirasi berlangsung, Sungkono Kaluku perwakilan masyarakat penambang itu, secara tegas membeberkan bahwa ada anggota legislatif yang mempertanyakan kekuatan para penambang dalam menghadapi perusahaan (Pani Gold Project).

“Kami ingin terbuka dengan perusahaan, kemarin saya dengar informasi kalau ada yang menghalangi perusahaan masuk ke pertambangan sana akan dihabisi. Bahkan ada juga anggota DPRD mengatakan, apa kekuatan masyarakat yang berada di pertambangan sana, itu kalau tidak salah dari fraksi PKB,” tegas Sungkono.

Tidak sampai disitu, Sungkono menyayangkan atas sikap salah satu anggota DPRD tersebut. Kemudian katanya, DPRD sejatinya mengawal para rakyat demi kepentingan hidup dari masyarakat penambang pada umumnya.

“Itu bukan sikap DPRD, yang seharusnya DPRD itu berjuang agar masyarakat hidup. Kenapa nanti ada kepentingan mau datang ke masyarakat. Saya juga kecewa dengan sikap pemerintah daerah, tokoh-tokoh masyarakat, anggota DPRD yang seolah-olah tinggal pasang mata apa yang terjadi,” ujarnya.

Sementara itu, ketua Komisi II Rizal Pasuma menjelaskan, kedatangan mereka dalam rangka menyampaikan aspirasi dihadapan bupati, pimpinan perusahaan, agar sejumlah persoalan dapat terselesaikan.

“Kita harus sikapi dengan arif, apa yang menjadi harapan masyarakat tadi, yang jelas mereka adalah masyarakat Pohuwato. Mereka ingin curhat dihadapan bupati menghadirkan pimpinan perusahaan, bagaimana terbaik untuk daerah,” ungkap Rizal saat diwawancarai oleh awak media.

Masih menurut Rizal, apa yang disampaikan oleh masyarakat penambang tersebut, pihaknya akan segera menindaklanjuti seperti yang diinginkan oleh masyarakat penambang.

“Aspirasi ini kita akan tindaklanjuti, menghadirkan pimpinan perusahaan, mengahdirkan pak bupati, pak sekda, pak Kapolres, dan kita anggota DPRD sudah harus hadir,” tutupnya.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

2 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

8 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago