Pemprov Gorontalo

Pendataan Kasus Tengkes, Dikbud Provinsi Gorontalo Terlibat Aktif di Kabupaten Gorut

PROSESNEWS.ID — Penjabat Gubernur Gorontalo telah menginstruksikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan pemantauan lapangan guna mendata kasus tengkes pada anak-anak di seluruh wilayah Kabupaten Gorontalo Utara.

Dalam hal ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Gorontalo telah mempertanggungjawabkan tugas tersebut dan telah melaksanakan pendataan serta validasi di tiga kecamatan, yaitu Tomilito, Gentuma, dan Atinggola.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo, Rusli Nusi mengatakan, pihaknya telah diberi amanah untuk melakukan pendataan di tiga kecamatan Kabupaten Gorontalo Utara, yang terdiri dari 33 desa. Hasil pendataan menunjukkan terdapat 171 anak yang mengalami kasus tengkes, dengan rincian 32 anak di Kecamatan Tomilito, 27 anak di Gentuma, dan 112 anak di Kecamatan Atinggola.

Rusli Nusi, yang akrab disapa Oyke itu menegaskan, pelaksanaan pendataan ini harus dilakukan dengan serius oleh aparatur sipil negara (ASN) yang ditugaskan. Hal ini penting dalam rangka mendukung tekad baik pemerintah, terutama di Provinsi Gorontalo.

Dalam hal intervensi tengkes di sektor pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo telah beberapa tahun terakhir memberikan sosialisasi dan imbauan kepada seluruh sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan sekolah luas biasa (SLB).

Upaya ini bertujuan untuk memberikan tablet tambah darah kepada siswi pada jenjang pendidikan tersebut, bekerjasama dengan pihak terkait, seperti Puskesmas setempat, guna pencegahan dini terhadap kasus tengkes.

Recent Posts

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

21 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

22 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

2 hari ago

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership…

2 hari ago