Pemkot Gorontalo

Penerapan Pendekatan Bottom Up Voluntary, Solusi Cerdas Atasi Tantangan Kependudukan

PROSESNEWS.ID — Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono, menyoroti pendekatan Bottom Up Voluntary sebagai strategi yang inovatif dalam mengatur kependudukan di Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam sebuah rapat koordinasi yang digelar di Hotel Grand Quality Kota Gorontalo pada Rabu (6/12/2023).

Dalam sambutannya, Ryan Kono menyampaikan, pendekatan Bottom Up Voluntary menjadi salah satu solusi cerdas untuk mengatasi masalah krusial dalam administrasi kependudukan, terutama dalam hal pencatatan kependudukan.

“Kami percaya jika melibatkan masyarakat secara langsung dalam proses administrasi kependudukan dapat memberikan hasil yang lebih akurat dan efisien,” ungkapnya.

Pemerintah Kota Gorontalo telah berupaya menyesuaikan ketentuan dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dengan adanya perubahan dalam Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

“Langkah ini diambil dengan fokus utama pada persiapan pemilu 2024 dan transformasi digital Dukcapil dengan memanfaatkan teknologi di berbagai sektor,” ungkapnya.

Ryan Kono menutup sambutannya dengan menegaskan perlunya komitmen tinggi dalam pelaksanaan tugas serta mendekati masyarakat untuk memberikan pemahaman yang lebih baik terkait administrasi kependudukan.

“Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam proses ini demi terciptanya data kependudukan yang lebih akurat dan dapat diandalkan,” tandasnya.

Pendekatan Bottom Up Voluntary diharapkan dapat membuka ruang partisipasi masyarakat secara lebih luas, memberikan dampak positif pada kualitas data kependudukan, dan secara keseluruhan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan administrasi kependudukan di Kota Gorontalo.

Reporter: Yowan Moha

Recent Posts

Dukungan Relawan Mantan Kades Perkuat Kampanye Tonny-Marten

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

7 jam ago

Tonny Uloli dan Marten Taha Kukuhkan Relawan di 3 Kecamatan Kabgor

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

8 jam ago

Wasito Turun Langsung Mengedukasi Petani Boliyohuto dalam Pemanfaatan Lahan

PROSESNEWS.ID – Calon Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo, Wasito Sumawiyono, turun langsung ke lapangan bersama para…

1 hari ago

Ketua KPU Pohuwato Akui Hubungan Keluarga dengan Paslon Pilkada

PROSESNEWS.ID – Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, secara terbuka menyatakan…

1 hari ago

Rudy Tekankan Pentingnya Ikon Daerah untuk Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur, Rudy Salahuddin mengharapkan setiap kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo memiliki ikon…

1 hari ago

Rakor KPU Bone Bolango Bahas Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID – KPU Kabupaten Bone Bolango menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Serentak Tahun…

1 hari ago