Gorontalo

Pengembangan Kawasan Hortikultura, Wagub: Sesuaikan Dengan Potensi Daerah

PROSESNEWS.ID – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, meninjau lokasi kebun cabai di Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo. Jumat (20/3/2020).

Pada kunjungannya tersebut, Idris meminta pengembangan tanaman hortikultura ini, Dinas Pertanian membuat kawasan pengembangan hortikultura yang disesuaikan dengan potensi daerah.

“Sebab pertanian merupakan sektor utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Provinsi Gorontalo. Sehingganya sangat penting memberikan perhatian terhadap pengembangan tanaman hortikultura, seperti tanaman cabai rawit,” jelasnya.

Informasi yang diperooleh, Kebun seluas 1,6 hektar ditanami cabai sebanyak 9.670 pohon yang dibagi dalam empat petakan.

Petakan pertama dan kedua yang ditanam pada November 2019 saat ini telah memasuki masa panen. Pada petikan pertama hasilnya sebanyak 102 kilogram dan kemudian meningkat menjadi 211 kilogram pada petikan kedua, dengan selang waktu pemetikan selama seminggu.

“Sangat berhasil budidaya cabai di kebun. Lokasi ini cocok jadikan sebagai sekolah lapangan untuk melatih petani cara budidaya cabai yang baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Mommy Igirisa menjelaskan, untuk angka produksi sementara cabai Provinsi Gorontalo mencapai 20.579 ton dengan luas panen 2.875 hektar.

“Angka produksi tersebut turun dibanding tahun 2018 yang sebanyak 25.694 ton dengan luas panen sama yang diakibatkan oleh kemarau panjang yang melanda Gorontalo,” ungkapnya.

Ia mengatakan, untuk pengembangan cabai, Dinas Pertanian pada tahun 2020 ini mengalokasikan bantuan untuk lahan seluas 300 hektar cabai rawit dan 110 hektar cabai besar dengan alokasi anggaran sebesar Rp1,2 miliar.

“Dibanding tahun lalu bantuan ini meningkat jika. Pada tahun 2019 bantuan pengembangan cabai hanya 235 hektar untuk cabai rawit dan 30 hektar cabai besar,” tandasnya. (Ads)

Share
Published by
Usman Anapia

Recent Posts

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

2 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

3 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

22 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago