Pemprov Gorontalo

Penyerapan APBD Tahun 2021, Provinsi Gorontalo Terbaik se Indonesia

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menerima berkas WTP dari BPK RI

PROSESNEWS.ID – Dalam penyerapan anggaran thaun 2021, Provinsi Gorontalo mendapat apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI). 

Hal itu dikarenakan Provinsi Gorontalo berada pada posisi urutan pertama dan terbaik dalam Penyerapan APBD 2021. Seperti yang dilansir indonews.id, pada Rapat Koordinasi (Rapkor) Analisa dan Evaluasi (Anev) Percepatan Penyerapan APBD. 

Rapat tersebut juga diikuti oleh Kabupaten dan Kota dengan menghadirkan Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia secara virtual. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Hudori memaparkan, alokasi dan realisasi APBD per 11 Juni Tahun Anggaran 2021, menunjukan secara kumulatif realisasi belanja yang belum memenuhi target.

Berdasarkan realisasi APBD Provinsi per tanggal 11 Juni 2021, mencatat realisasi belanja sebesar 26,40%. Sedangkan, realisasi belanja kabupaten dan kota terbilang rendah dari pada rata-rata belanja Provinsi, yakni sebesar 23,70%.

Presentasi Grafik Capaian

“Saya mohon, sekarang ini kita sudah memasuki bulan Juni dan masih ada waktu mungkin sekitar 10 hari kurang untuk realisasi APBD provinsi, kabupaten dan kota, ini kita harapkan lebih tinggi lagi,” ujar Hudori.

Ia mengaku, Provinsi Gorontalo berhasil mencatatkan realisasi tertinggi dibandingkan Provinsi lainnya, yakni 39,16%. Sementara untuk belanja Kota dan Kabupaten, realisasi tertinggi dicatatkan oleh Kabupaten Bandung Barat yang telah mencapai 44,73%. 

Meski demikian, masih banyak pula daerah lain yang realisasi belanjanya perlu mendapat perhatian serius.

“Bagi daerah-daerah yang masih kecil kami berharap ini harus segera dilakukan percepatan realisasi, ini sudah akan berakhir kuartal kedua, saya mohon kepada teman-teman kabupaten/kota ini juga mempercepat penyerapan APBD 2021,” tandasnya.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

9 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

14 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago