Kriminal

Polresta Gorontalo Kota Berhasil Ungkap Kasus Kejahatan Fidusia

Kapolresta Gorontalo Kota, Kombespol Ade Permana. (foto. RZ/Prosesnews.id)

PROSESNEWS.ID – Unit Tipidter Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Gorontalo Kota telah menetapkan tiga tersangka dalam kasus penggelapan dan pengalihan objek jaminan Fidusia.

Ketiga tersangka tersebut adalah RD (Perempuan), AND (Laki-laki), dan IP (Laki-laki). Kasus ini terungkap setelah RD dan AND melapor kepada pihak finance bahwa mobil yang mereka kredit telah diambil oleh IP dan dijual di Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Kapolresta Gorontalo Kota, Kombespol Dr. Ade Permana, yang didampingi oleh Kasat Reskrim Kompol Leonardo Widharta, menjelaskan kronologi kasus ini dalam konferensi pers di Polresta Gorontalo Kota, Rabu (20/04/2023).

Awalnya, Tersangka RD mengajukan permohonan pembelian mobil baru secara kredit di PT. MTF Finance Cabang Gorontalo dengan persetujuan suaminya AND, dengan memberikan uang muka sebesar Rp.22.864.000.

Permohonan tersebut disetujui, sehingga RD dan AND mendapatkan fasilitas kredit berupa satu unit mobil Honda Brio Satya 1.2 warna abu-abu baja metalik tahun 2022.

Namun, setelah mobil diterima oleh RD dan AND, mobil tersebut diberikan kepada tersangka IP dengan alasan bahwa sebenarnya yang ingin membeli mobil secara kredit adalah tersangka IP, dan uang muka (DP) yang digunakan adalah milik IP.

RD dan AND hanya meminjamkan nama mereka pada proses pembelian mobil tersebut, dan diberikan uang sebesar Rp.1.500.000.

“Jadi pada saat survey pasangan suami istri ini mengatakan jika mobil tersebut akan digunakan untuk usaha ayam geprek, namun ternyata mobil tersebut diserahkan pada IP dan dijual kembali dengan harga Rp.50.000.000 (lima puluh juta rupiah),” ujar Kombespol Ade.

Dua dari tiga tersangka, yaitu AND dan IP, telah ditahan, sementara RD tidak ditahan karena sedang hamil.

Ketiganya dijerat dengan pasal 35 Sub pasal 36 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 42 tahun 1999 tentang jaminan Fidusia atau Pasal 378 Sub Pasal 372 KUHPidana, seperti yang diungkapkan oleh Kapolresta Gorontalo Kota, Kombespol Ade Permana.

Reporter: Rijal Zulkarnaen

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

4 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

9 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago