Gorontalo

Pria ini Kaya Mendadak Usai Jual Foto Selfie

Pria ini Kaya Mendadak Usai Jual Foto Selfie

PROSESNEWS.ID – Ghozali Everyday saat ini tengah menjadi perbincangan di media sosial, lantaran dirinya menjual NFT foto selfie di marketplace OpenSea dengan keuntungan besar hingga meraup volume perdagangan belasan miliar rupiah.

Terkait foto selfie yang merupakan bagian dari data pribadi, lalu muncul pertanyaan apakah aman menjual foto selfie dalam bentuk NFT seperti Ghozali Everyday?

Menurut Pakar Keamanan Siber Pratama Persadha, untuk NFT-nya sendiri pasti aman. Akan tetapi, bakal ada risiko bisa disalahgunakan dan ia mengimbau untuk selalu waspada.

“Bahayanya, siapa pun bisa meng-capture foto selfie tersebut dan dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, membuat meme misalnya atau di Indonesia bisa untuk memalsukan KTP. Jadi tetap harus waspada,” kata Pratama kepada Tekno Liputan6.com, Jumat (14/1/2021).

Dalam kasus Ghozali, menurut Pratama, dia sendiri kebetulan memang tahu sejak lama soal NFT karena juga berkuliah di bidang animasi, Udinus Semarang.

“Jadi Ghozali kemungkinan besar tahu betul ke mana saja dia bisa menjual karyanya,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber dan dan Komunikasi CISSReC.

NFT sendiri sesuai dengan teknologi yang dipakainya yaitu blockchain membuat setiap aset digital tidak bisa dipalsukan, karena tercatat siapa pemilik dan history transaksi.

“Inilah yang membuat banyak seniman juga mulai menggunakan NFT untuk menjual karyanya,” Pratama memungkaskan.

Sementara pengamat dunia NFT dan juga aset kripto, sekaligus Marketing Growth Pintu, Timothius Martin, menjelaskan bahwa dirinya sangat menghargai dedikasi yang dilakukan Ghozali karena secara konsisten selfie setiap hari selama hampir 5 tahun dengan berbagai pakaian, gaya rambut, dan ekspresi.

Selain itu, menurutnya hal seperti ini bukan yang pertama kalinya di dunia.

“Mirip seperti tahun 2006 lalu ada seorang photographer bernama Noah Kalina yang mengupload selfie nya setiap hari selama 6 tahun dan dijadikan video musik di YouTube. Noah menjadi viral dan ide nya bahkan dipakai untuk iklan NBA di Amerika,” kata Timothius dilansir Liputan6.com, Kamis (13/1/2022).

Lebih lanjut, menurut Timothius dengan adanya fenomena viral seperti yang dialami oleh Ghozali, diharapkan bisa memberikan inspirasi bagi para seniman visual di Indonesia.

“Saya berharap banyak seniman visual indonesia yang bisa terinspirasi oleh Ghozali dan mau mencoba memperlihatkan karyanya ke dunia dalam bentuk NFT,” ucap Timothius.

“Ke depannya, saya pikir value dari suatu NFT akan bisa dinilai dari banyak sisi: secara seni, secara utility (kegunaan di dunia nyata), maupun secara fungsi di dalam dunia metaverse atau gaming,” pungkasnya.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

8 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

13 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago