Gorontalo

Program RH-IR Disoal, Ini Penjelasan Kadis Perkim Prov. Gorontalo

Salah satu rumah yang berasal dari program RH-IR Pemerintah Provinsi Gorontalo, yang sudah ditempati warga

PROSESNEWS.ID – Pembangunan Rumah Hunian Idaman (RH-IR), yang merupakan program Pemerintah Provinsi Gorontalo, sempat di persoalan segelintir orang belakangan ini. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Provinsi Gorontalo, Aris Ardianto, menjelaskan informasi yang berkembang di luar tidak seluruhnya seperti itu.

Menurutnya, sejatinya program itu digelontorkan 2018, dengan bandrol Rp 31 juta per unitnya. Karena dikerjasamakan dengan Polda Gorontalo, maka seluruh anggaran ditransfer ke Polda, dan mekanisme mereka yang atur.

Lazimnya semua proyek, sudah melalui perencanaan, mulai dari luas bangunan, tinggi bangunan dan jumlah material yang akan digunakan. Artinya, kalau ada perubahan dari luasan atau tinggi, pasti ada konsekuensinya.

Dan setelah pihaknya turun melakukan pemantauan langsung di lapangan. Hasilnya, rumah milik warga yang dimaksud itu, ternyata melakukan penambahan bangunan dapur, yang luasnya diperkirakan hampir sama dengan bangunan induk.

“Setelah dilihat di lapangan, bangunan induknya ada 5×6, tapi dia (warga penerima) ada tambah lagi di belakang yang katanya dapur, notabene ukurannya hampir sama dengan bangunan induk,” ujarnya.

Alhasil, material banyak terpakai di bangunan tambahan itu. Seharusnya bangunan induk dulu selesikan, nanti menambah setelah bangunan induk tuntas.

Dan sebenarnya kata Aris, ini bukan hanya satu orang. Namun beberapa penerima juga melakukan hal serupa, mulai dari perubahan tinggi rumah, bentuk dinding, atap, hingga posisi kamar dan tinggi pondasi. (Usman)

Recent Posts

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

10 menit ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

19 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

22 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

22 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 hari ago