Gorontalo

PWNU Gorontalo Akan Luncurkan Desk Pilkada pada Hari Santri Nasional 2024

PROSESNEWS.ID – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional pada 22 Oktober 2024 mendatang, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Gorontalo berencana meluncurkan Desk Pilkada. Program ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi warga Nahdliyin dalam proses demokrasi, khususnya pada Pilkada 2024.

Ketua PWNU Provinsi Gorontalo, Ibrahim T Sore, menyebutkan bahwa Desk Pilkada NU Gorontalo merupakan wujud komitmen warga NU dalam memperkuat demokrasi dari tingkat akar rumput.

“Desk Pilkada NU Gorontalo merupakan gerakan warga NU untuk memperkuat jejaring demokrasi dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat sebagai pemilih yang berkualitas,” jelas Ibrahim.

Ibrahim juga menekankan pentingnya peran Desk Pilkada NU dalam menciptakan kesadaran politik di kalangan warga NU, dengan mendorong pengawasan partisipatif pada setiap tahapan Pilkada 2024.

Sementara itu, Katib PWNU Gorontalo, KH. Abdullah Aniq Nawawi, menyampaikan bahwa selain meluncurkan Desk Pilkada, PWNU juga akan menggelar Halaqah Kebijakan Publik Gorontalo. Acara tersebut bertujuan untuk menyusun rekomendasi strategis mengenai berbagai isu daerah.

“Pada Halaqah tersebut PWNU akan menghadirkan ulama dan tokoh NU se-Gorontalo untuk bersama-sama merumuskan rekomendasi terhadap isu-isu tersebut. Rekomendasi PWNU akan didialogkan dengan seluruh calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah,” tutur KH. Abdullah Aniq Nawawi.

Lebih lanjut, Desk Pilkada NU Gorontalo juga akan meluncurkan Fiqih Pilkada, yang akan menjadi panduan mengenai berbagai pandangan agama terkait proses Pilkada. Fiqih ini mengandung landasan teologis terkait netralitas ASN, pandangan agama tentang pemimpin, serta pentingnya menjaga stabilitas politik selama Pilkada berlangsung.

Puncak peringatan Hari Santri Nasional 2024 di Provinsi Gorontalo akan diadakan di Rumah Dinas Gubernur Provinsi Gorontalo, dengan berbagai kegiatan yang diharapkan dapat memberi dampak positif bagi pembangunan daerah.

Recent Posts

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 jam ago

Al Habib Jindan Hadiri UNG Bersholawat, Ribuan Jamaah Penuhi Halaman Rektorat

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menggelar acara UNG Bersholawat, di mana ribuan jemaah…

2 jam ago

KPU Boalemo Akan Gelar Tiga Kali Debat Paslon, Ini Jadwalnya

PROSESESNEWS.ID– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boalemo akan menggelar debat calon bupati dan wakil bupati…

4 jam ago

UNG Dukung Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Lewat Expo

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) terus berkomitmen membangun jiwa kewirausahaan mahasiswa dengan menggelar Expo…

17 jam ago

UNG dan 10 Perguruan Tinggi Timor Leste Jalin Kerja Sama Pendidikan

PROSESNEWS.ID - Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T., bersama…

17 jam ago

Dinilai Bisa Stabilkan Ekonomi Warga, Sekda Puji Pasar Murah Kejari Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo memberikan apresiasi kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Gorontalo atas pelaksanaan…

20 jam ago