Pemkot Gorontalo

Sekda Kota Gorontalo Apresiasi GERKATIN dalam Dukung Penyandang Disabilitas

PROSESNEWS.ID — Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Ismail Madjid, memberikan apresiasi terhadap Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarugnu Indonesia (GERKATIN) Provinsi Gorontalo dalam acara ke-2 yang digelar di Aula Banthayo Lo Yiladia Kota Gorontalo pada hari Minggu (8/10/23).

Lebih dari 100 penyandang disabilitas tunarungu dari berbagai daerah di Provinsi Gorontalo, termasuk Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Bone Bolango, Boalemo, Pohuwato, dan Gorontalo Utara, hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutanya, Ismail Madjid menyatakan, sebagai warga negara Indonesia, semua memiliki hak dan kewajiban yang sama, termasuk teman-teman penyandang disabilitas, khususnya tunarungu.

“Para penyandang disabilitas perlu mendapatkan perhatian, kesempatan, hak, serta akses yang memadai untuk mencapai makna sila kelima,” ujar Ismail.

Ismail Madjid juga mengungkapkan, GERKATIN merupakan bukti teman-teman tunarungu mampu mengaktualisasikan pikiran mereka sebagai pemimpin dan dapat membantu pemerintah menciptakan dunia yang inklusif serta memastikan ketersediaan akses bersosial.

Dalam upaya mewujudkan sila kelima, yaitu keadilan sosial, teman-teman tunarungu juga memiliki hak yang sama, termasuk hak untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Ismail mengatakan, saat ini Pemerintah Kota Gorontalo sedang aktif dalam menyusun Peraturan Daerah (Perda) terkait disabilitas.

“Saat ini kami sedang gencar dalam penyusunan Perda terkait teman-teman disabilitas. Bagaimanapun juga, teman-teman disabilitas memiliki hak dan kewajiban yang sama seperti kita semua,” ungkap Ismail.

Diharapkan, dengan adanya regulasi Perda yang sedang disusun, akan menjadi pedoman bagi pemerintah untuk memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap penyandang disabilitas, termasuk memberikan mereka ruang, hak, dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembangunan Kota Gorontalo.

Reporter: Yowan Moha

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

3 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

9 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago