Pemda Gorontalo Utara

Sekda Ridwan Imbau Para Kades Memaksimalkan Pembangunan Pamsimas

Rapat Koordinasi dan evaluasi desa pasca progres pelaksanaan program pamsimas III TA 2020, dan perencanaan desa 2021 di Kabupaten Gorontalo Utara.

PROSESNEWS.ID – Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara, Ridwan Yasin berharap, pelaksanaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Hali ini diungkapkan Ridwan Yasin, saat melaksanakan Rapat Koordinasi dan evaluasi desa pasca progres pelaksanaan program pamsimas III TA 2020, dan perencanaan desa 2021 di Kabupaten Gorontalo Utara.

Rapat tersebut berlangsung di Aula Kantor Permukiman dan Perumahan Gorontalo Utara. Hadir pada rapat, PLT Kepala Dinas Perkim, PLT Asisten 1 dan juga para kepala desa Gorontalo Utara. Selasa. (25/8/2020)

Menurut Sekda Ridwan, pembangunan sarana dan prasarana pamsimas diberikan berdasarkan penilaian dari Pemerintah Daerah. Antara lain yang selalu kekeringan atau kesulitan mendapatkan air bersih dimusim kemarau panjang.

Hal ini juga menurut Ridwan, sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Saya juga tadi sudah sampaikan kepada aparat desa yang hadir, yaitu para kepala Desa untuk memaksimalkan pembangunan pamsimas ini, agar supaya pemanfaatannya dapat berlangsung dengan baik dan dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” Kata Ridwan.

Selain itu, dalam upaya mencari mata air yang baik dan berkualitas Kata Ridwan, Masyarakat juga diharapkan bisa melibatkan diri dan juga para ahli yang mengerti teknik dan pelaksanaanya.

Selain itu Lanjut Ridwan, Mata air yang digunakan sebagai sumber air juga harus di jaga, agar pemanfaatan dari program Pamsimas ini dapat digunakan dalam jangka panjang.

“Soal mata Air, kami rasa bisa di deteksi bagaiamana membangun dan mendapatkan debit air yang bagus. Dan itu pasti tekniknya yang lebih mengetahuinya, Sehingga saya juga sudah sampaikan kepada aparat desa agar pembangunannya jangan asal bangun saja. Libatkan juga ahlinya. Jangan sampai hari ini selesai dibangun dan diresmikan, satu minggu kemudian airnya sudah tidak jalan lagi,” tegasnya

Lebih lanjut, Ridwan juga meminta agar pemanfaatan air bersih nanti ada iurannya. Iuran tersebut nantinya akan digunakan sebagai pemeliharaan program dari Pamsimas.

Iuran tersebut, kata Ridwan, berdasarkan pada peraturan yang akan dibuat oleh desa nanti dan sebisa mungkin jumlah iuran itu tidak terlalu membebani masyarakat.

“Saya juga tadi sudah meminta kepada aparat desa agar supaya ini ada iurannya, dengan berdasarkan pada peraturan desa dan untuk memelihara keberlangsungan itu sendiri. Dan tentunya jumlah iuran tersebut tidak terlalu membebani masyarakat,” kata Ridwan

Rencananya dalam waktu dekat ini Pihaknya, akan turun langsung ke desa desa untuk mengecek pelaksanaan program Pamsimas tersebut. (Yusri Mustaki)

Recent Posts

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

1 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

2 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

21 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

24 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

24 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago