Pemprov Gorontalo

Sekretaris Dikbud Gorontalo Buka Rakor SMK, Dorong Guru untuk Berevolusi Perkembangan Zaman

PROSESNEWS.ID – Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo, Rudi W.E Daenunu, S.Pd, M.Si, resmi membuka kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang merupakan bagian dari rangkaian Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Optimalisasi Tracer Study SMK untuk Tahun Ajaran 2024/2025.

Dalam sambutannya, Rudi Daenunu menekankan pentingnya peran guru dalam mengikuti perkembangan zaman. Ia mengibaratkan dunia pendidikan seperti sebuah bengkel yang mesin-mesinnya perlu diperbaiki dan dihidupkan kembali.

“Guru harus berevolusi mengikuti perkembangan zaman. Pendidikan itu seperti bengkel, di mana mesin-mesin yang terpisah-pisah perlu diperbaiki dan dinyalakan kembali,” ujarnya.

Rudi juga mengajak para guru untuk selalu terbuka terhadap berbagai karakter peserta didik yang mereka hadapi. Menurutnya, tugas guru adalah membantu siswa mengalami perubahan karakter yang lebih baik.

“Kita harus tetap menerima segala bentuk karakter peserta didik hingga mereka mengalami perubahan menuju karakter yang lebih baik,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya pelaksanaan Tracer Study di SMK. “Tracer Study harus dilaksanakan agar sekolah dapat merangkum hasilnya dan memberikan masukan bagi pengembangan sekolah ke tingkat provinsi dan pusat,” ungkapnya.

Dengan demikian, hasil dari Tracer Study diharapkan bisa menjadi dasar bagi perbaikan dan pengembangan mutu pendidikan di SMK ke depannya.

Kegiatan ini dihadiri oleh para kepala sekolah SMK se-Gorontalo, serta berbagai pemangku kepentingan pendidikan yang turut serta mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka di wilayah tersebut.

Recent Posts

PT AGIT Rayakan HUT ke-3 dengan Peluncuran Program Pelatihan Bahasa Inggris dan Magang

PROSESNEWS.ID – Memperingati HUT ke-3, PT Anggrek Gorontalo Internasional Terminal (AGIT) meluncurkan serangkaian program sosial…

2 jam ago

Ayo Sukseskan Tracer Study untuk Lulusan SMK Tahun 2023, Wujudkan SMK Lebih Maju dan Hebat

PROSESNEWS.ID - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Dinas Dikbud Provinsi Gorontalo Bidang…

7 jam ago

SMKN 3 Gorontalo Tingkatkan Penguatan Karakter Peserta Didik untuk Cetak Generasi Siap Kerja

PROSESNEWS.ID - SMKN 3 Gorontalo terus memperkuat program pengembangan karakter peserta didik sebagai upaya mencetak…

7 jam ago

Pasangan Gusnar-Idah Dengar Keluhan Warga Tenilo Terkait Tanggul Sungai

PROSESNEWS.ID – Saat melaksanakan kampanye blusukan di Kelurahan Tenilo, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, pasangan calon…

1 hari ago

Konflik Panwascam dan PPS di Gorontalo, Ini Sikap KPU dan Bawaslu

PROSESNEWS.ID – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Gorontalo, berbagai lembaga seperti KPU, Bawaslu,…

1 hari ago

Terbukti Cabuli Keponakan, Pria di Gorontalo Terancam 15 Tahun Penjara

PROSESNEWS.ID - Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Satreskrim Polresta Gorontalo Kota menetapkan tersangka dan melakukan…

2 hari ago