Traveling

Serang Menawarkan Sejumlah Wisata Menakjubkan

Pantai Sawarna (Foto : pakettourbelitung.net)

Sejumlah Destinasi Wisata di Kota Serang, Provinsi Banten, sungguh menakjubkan dan dijamin akan memanjakan mata setiap pengunjung.

Serang merupakan ibu kota Provinsi Banten. Kota ini merupakan Daerah otonom hasil pemekaran dari Kabupaten Serang ketika Banten masih menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat.

Selain menjadi pusat pemerintahan Provinsi dan pusat aktivitas bisnis, Serang juga merupakan gerbang ke beberapa destinasi wisata menakjubkan di Banten.

Misalnya, Taman Nasional Ujung Kulon, Resort Tanjung Lesung, Pantai Sawarna, dan masih banyak lagi yang bisa dikunjungi untuk mengisi liburan.

Serang juga merupakan tempat Kesultanan Islam Banten yang dulu pernah berjaya dan menjadi pusat perdagangan terkemuka di Asia Tenggara.

Kemegahan masa lalu Serang, masih terpancar di situs Kota lama di Kawasan Banten Lama. Pendopo Gubernur Banten merupakan contoh arsitektur peninggalan kolonial yang otentik dan masih dilestarikan hingga saat ini.

Melansir beberapa sumber, tempat bersejarah lainnya adalah Pelabuhan Karangantu yang dulunya menjadi tempat lalu lalang kapal dagang dari China, Arab, Turki, dan negara lainnya.

Meskipun pelabuhannya telah dialihfungsikan menjadi kota nelayan, namun pelabuhan ini masih digunakan untuk tujuan wisata. Alasannya, pelabuhan ini adalah ‘pintu masuk’ ke pulau-pulau di lepas pantai Banten yang sering dijadikan sebagai destinasi wisata.

Pantai-pantainya juga pas buat Sobat Pesona yang ingin memancing, atau melakukan olahraga air seperti snorkeling maupun diving.

Akses Menuju Serang

Serang berlokasi sekitar 90 km sebelah barat dari ibu kota Jakarta Serang dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 2 jam melalui jalan tol Jakarta-Merak.

Sobat Pesona dapat menggunakan bus umum dari Terminal Bus Kalideres, Jakarta, atau menggunakan kereta api dari Stasiun Kereta Tanah Abang dan Stasiun Kereta Jakarta Kota menuju Stasiun Serang.

Rutenya di antaranya adalah Serang Banten Express dari Stasiun Jakarta Kota, Patas Merak dari Stasiun Tanah Abang, dan Kereta Kalimaya juga dari Stasiun Tanah Abang. Atau, Sobat Pesona juga bisa menyewa kendaraan agar perjalanan lebih nyaman.

Editor : Majid R

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

9 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

15 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago