Peristiwa

Soal Meteor Jatuh Hebohkan Warga Gorontalo, Begini Tanggapan BMKG

Ilustrasi

PROSESNEWS.ID – Penampakan seperti meteor jatuh yang terjadi pada hari Selasa, 17 Maret 2021 malam, hingga kini masih menimbulkan banyak pertanyaan di kalangan masyarakat. Benda langit yang diperkirakan jatuh di perairan Pagimana, Sulawesi Tengah (Sulteng) itu, sebagian warga mengklaim bahwa itu bukanlah meteor.

Putra salah satu masyarakat Pagimana mengaku, bahwa kejadian itu sempat disaksikan langsung. Sekelabat cahaya yang jatuh di wilayah mereka yang menyerupai petir itu, diduga jatuh di Desa Jayabakti.

Meski begitu, ia sendiri tidak yakin bahwa kalau benda yang jatuh itu adalah meteor. Sebab, karena kalau itu meteor, pasti akan terjadi bencana yang besar seperti tsunami atau gempa.

“Memang betul adanya suara ledakan dan sedikit ada guncangan saat itu, tetapi saya menduga itu bukan meteora,” kata Putra.

Putra mengaku, kejadian yang tidak biasa itu setempat membuat warga di Desanya kaget dan panik. Bahkan ada masyarakat yang sudah siap untuk mengungsi ketika hal itu bisa menimbulkan bencana.

“Saat mendengar guncangan itu, masyarakat berniat ingin mengungsi, tetapi ketika beberapa menit tidak ada reaksi apapun, akhirnya warga tetap bertahan,” ujarnya.

Koordinator Bidang Data dan Informasi, Stasiun Meteorologi Kelas I Djalaluddin Gorontalo, Wahyu Guru Imantoko mengatakan, fenomena itu adalah hal yang biasa. Mengingat di luar angkasa begitu banyak benda langit yang setiap saat terus bergerak.

“Banyak benda langit di luar angkasa yang melintas. Kemudian ada yang berhasil masuk ke bumi. Ketika benda langit itu bergesekan dengan atmosfer kita, dia akan menyala,” kata Wahyu

Namun demikian, ungkap Wahyu, ketika ada cahaya meteor dan kemudian menghilang, maka benda itu tidak sampai ke permukaan bumi. Hal tersebut juga tak perlu dikhawatirkan.

“Kalau dia tidak sampai ke permukaan bumi, ini tidak tidak berbahaya. Sampai saat ini juga belum ada laporan dari masyarakat bahwa ada benda asing jatuh di sekitar mereka,” ia menandaskan

Recent Posts

Dukungan Relawan Mantan Kades Perkuat Kampanye Tonny-Marten

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

7 jam ago

Tonny Uloli dan Marten Taha Kukuhkan Relawan di 3 Kecamatan Kabgor

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

7 jam ago

Wasito Turun Langsung Mengedukasi Petani Boliyohuto dalam Pemanfaatan Lahan

PROSESNEWS.ID – Calon Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo, Wasito Sumawiyono, turun langsung ke lapangan bersama para…

1 hari ago

Ketua KPU Pohuwato Akui Hubungan Keluarga dengan Paslon Pilkada

PROSESNEWS.ID – Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, secara terbuka menyatakan…

1 hari ago

Rudy Tekankan Pentingnya Ikon Daerah untuk Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur, Rudy Salahuddin mengharapkan setiap kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo memiliki ikon…

1 hari ago

Rakor KPU Bone Bolango Bahas Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID – KPU Kabupaten Bone Bolango menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Serentak Tahun…

1 hari ago