Gorontalo

Soal Syukuran Suksesnya Pemilu 2019, Bawaslu Warning Pemda Bone Bolango

PROSESNEWS.ID – Pasca viralnya Undangan Sekretariat Daerah Kabupaten Bone Bolango, yang mengundang Camat dan aparat desa pada doa syukuran atas terpilihnya salah satu Anggota DPR RI Rachmad Gobel.

Membuat Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bone Bolango, mewarning Pemerintah Daerah Bone Bolango.

Meskipun KOP surat, yang sebelumnya atas nama Sekretariat Daerah, telah diganti dengan Panitia Pelaksana. Bawaslu tetap akan mengawasi, segala bentuk aktifitas kegiatan tersebut.

Ketua Bawaslu Bone Bolango Fachri Kaluku saat diwawancarai, mengaku sudah memperingati dengan mengirimkan surat kepada Sekretariat Daerah, untuk tidak melibatkan ASN di lingkungan Pemda Bone Bolango dalam kegiatan politik.

Alasanya, hingga hari ini belum ada pelantikan bagi calon Anggota Legislatif terpilih. Sehingga, menggelar kegiatan doa syukuran terhadap caleg terpilih, dengan mengundang ASN, bertentangan dengan netralitas ASN.

“Kami sudah surati Sekretariat Daerah kemarin. Dan Kop surat sudah di ubah menjadi Panitia Pelaksana, serta redaksi kalimat untuk undangan juga,” ujarnya.

Namun, meskipun sudah ada perubahan dalam redaksi undangan tersebut. Bawaslu Bone Bolango tetap akan mengawasi.

Sebab kata Fachri, jangan sampai dalam kegiatan itu ada muatan politik. Karena, tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bone Bolango tinggal menghitung bulan.

“Kegiatannya tetap kita akan awasi. Hal ini berkaitan dengan Pilkada. Bone Bolango juga merupakan daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak,” ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Bolango Ishak Ntoma saat dikonfrimasi melalui telepon genggamnya, ditanya dalam kegiatan doa syukuran atas suksesnya Pemilu 2019, apakah telah mengundang juga calon Anggota DPR RI terpilih. Belum memberikan konfrimasnya, perihal itu.

Sementara itu Anggota Bawaslu Bone Bolango Alti Mohammad, menafsirkan jika undangan Panitia untuk doa syukuran suksesnya Pemilu 2019, merupakan undangan untuk seluruh masyarakat Bone Bolango.

“Undangannya kalau saya baca untuk seluruh masyarakat Bone Bolango. Sehingga siapa saja yang bisa menghadiri itu. Kalau pun hanya salah satu Anggota DPR RI yang hadir, itu tidak masalah,” kata Alti. (Hel)

Recent Posts

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

13 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

16 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

16 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

18 jam ago

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 hari ago

Al Habib Jindan Hadiri UNG Bersholawat, Ribuan Jamaah Penuhi Halaman Rektorat

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menggelar acara UNG Bersholawat, di mana ribuan jemaah…

1 hari ago