Categories: Uncategorized

Stunting Boalemo Capai 36 Persen, Anas Soroti Kinerja KPM

Ir. Anas Jusuf, M.Si

PROSESNEWS.ID – Angka stunting 13 Persen yang pernah dirilis pihak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Boalemo, Tahun 2020 lalu, ternyata tidak sama dengan rilis Kementerian PMD.

Fakta mengungkapkan, ternyata angka stunting di Boalemo itu mencapai 36 Persen. Jadi, bukan 16 Persen seperti yang dirilis pihak Bappeda Boalemo.

Itu berdasarkan penyampaian Plt Bupati Boalemo, Anas Jusuf, ketika membuka Bimtek peningkatan kapasitas Kader Pembangunan Manusia (KPM) Boalemo, di Hotel Amaris Kota Gorontalo, pada Selasa, (25/05/2021).

Anas menyebutkan, dua Bulan lalu dirinya berkunjung ke Kementerian PMD, dan sempat berdiskusi secara langsung dengan Dirjen yang menangani masalah stunting.

“Dan ternyata angka stunting kita di tingkat Pusat mencapai 36 persen, bukan 13 persen yang disebutkan,”jelas Plt Kepala Daerah Boalemo dalam sambutannya.

Merespon hal itu, Plt Kepala Daerah meminta para KPM se-Boalemo, agar menguasai langkah-langkah yang harus dilakukan terhadap pencegahan angka stunting tersebut.

“KPM bukan hanya sekedar mendata, tetapi harus lebih memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan stunting ini,”imbuhnya.

Anas menambahkan, KPM adalah orang yang bekerja membantu tugas Pemerintah Desa dalam memfasilitasi Sumber Daya Manusia (SDM) di tingkat Desa itu sendiri.

“Kader Pembangunan manusia ditugaskan untuk menangani pendataan stunting yang ada di desa. Saya ingin tugas kader Pembangunan Manusia bukan sekedar mendata stunting, tetapi lebih dari itu,”pungkasnya.

Laporan : Humas Pemkab Boalemo
Editor : Abdul Majid Rahman

Recent Posts

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

4 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

22 jam ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

3 hari ago