Pemkot Gorontalo

Swasta, BUMN, dan BUMD Diminta Dukung Pengembangan Olahraga di Gorontalo

PROSESNEWS.ID – Dalam rangka memajukan dan meningkatkan prestasi olahraga, Walikota Gorontalo, Marten Taha, mengungkapkan kendala utama yang selalu terbentur pada pendanaan.

Hal ini diungkapkan Marten usai mengikuti kegiatan Rembug Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Gorontalo Tahun 2023, di Aula Pemerintah Kota, Minggu (11/6/23).

“Kendala kita dalam memajukan dan meningkatkan prestasi olahraga itu selalu terbentur pada pendanaan,” ungkap Marten.
Marten Taha Ajak Para Pengusaha Berinvestasi dalam Olahraga Gorontalo

Marten menyebut, dalam setiap musyawarah rapat kerja nasional, rapat koordinasi nasional, dan rapat lainya, salah satu isu yang selalu menjadi perhatian adalah sumber pendanaan untuk pengembangan prestasi olahraga.

Walikota Marten Taha menyadari bahwa selama ini sumber dana yang tersedia masih dominan berasal dari pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) baik di tingkat kota, kabupaten, maupun provinsi.

Bahkan, pada tingkat nasional pun kondisinya serupa. Keterbatasan dana sering kali menjadi kendala dalam mengembangkan batas-batas olahraga di daerah.

Untuk mengatasi masalah ini, Marten mengajukan ide agar peran sektor swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan para pengusaha didorong untuk mendanai dan membidangi salah satu cabang olahraga yang dapat dikembangkan.

Hal ini akan memberikan keringanan bagi pengurus cabang olahraga dalam meningkatkan investasi di bidang olahraga, karena akan ada pengusaha-pengusaha yang memberikan perhatian dan mendukung bidang tersebut.

“Mulai sekarang perlu dipikirkan bagaimana supaya peran daripada swasta BUMN BUMD dan para pengusaha-pengusaha ini didorong mereka untuk bisa mendanai membidangi salah satu cabang olahraga yang bisa dikembangkan,” jelas Marten.

Dalam hal ini, Walikota Marten Taha mendorong para pengusaha dan pihak swasta untuk melihat potensi yang ada dalam dunia olahraga dan berpartisipasi aktif dalam pengembangan cabang olahraga tertentu.

Dengan adanya dukungan dan pendanaan dari sektor swasta, diharapkan dapat mengurangi ketergantungan terhadap dana pemerintah dan memberikan peluang lebih besar bagi pengurus cabang olahraga untuk meningkatkan prestasi.

Reporter: Zulkaranen

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

7 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

12 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago