Pemda Gorontalo Utara

Terkait Seminar Akhir PDRPKP, Ini Penjelasan Wabup Thariq

PROSESNEWS.ID – Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, menghadiri kegiatan Seminar Akhir Penyusunan Dokumen Rencana Pengembangan Kawasan Pesisir (PDRPKP) di Kabupaten Gorontalo Utara. Kegiatan yang berlangsung di Aula kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Senin (7/9/2020), di hadiri para pemateri dari Ichsan Gorontalo.

Tujuan Pemda menggandeng Universitas Ichsan Gorontalo tersebut, kata Wakil Bupati Gorut, Thariq Modanggu, guna untuk memperoleh gambar tentang kondisi masyarakat untuk menetukan prioritas kebijakan pembangunan daerah.

“Jadi, Seminar ini merupakan salah satu kebutuhan pemerintah daerah untuk memperoleh gambaran tentang kondisi masyarakat, tentu ini juga dengan prioritas kebijakan pembangunan daerah,” Kata Thariq saat diwawancarai usai kegiatan.

Selama ini, Lanjut Thariq, Pemerintah daerah telah memberikan berbagai bantuan untuk pengembangan produktivitas masyarakat. Namun kata dia, berbagai program tersebut belum memberikan hasil yang signifikan.

Thariq mencontohkan, seperti Program Nasional beberapa waktu lalu, program tersebut tentang Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), Coastal Community Development Project – International Fund for Agricultural Development (CCDP-IFAD) maupun berbagai bantuan lainnya seperti kapal ikan dan mesin tempel yang dampaknya belum signifikan bagi peningkatan produksi maupun pendapatan masyarakat.

“Ini penting sekali (untuk dilakukan penelitian-red) sebagaimana penegasan saya dalam pertemuan tadi bahwa sebenarnya sudah banyak sekali bantuan-bantuan selama ini yang diberikan oleh pemerintah daerah, namun program-program pemberdayaan itu belum memberikan hasil yang signifikan,” tegasnya.

Selain itu, dirinya juga meminta agar penelitian tersebut berdasarkan pada kajian teori sosial guna mempermudah pemerintah daerah untuk memfokuskan pengembangan daerah tersebut.

“Kepada tim peneliti, kami juga sudah minta agar segala kajian terhadap masyarakat dapat juga didasarkan pada kajian-kajian teori-teori sosial, agar kedepannya, pemerintah daerah dalam menentukan program ataupun kebijakan pembangunan tersebut, itu bisa berhasil dengan maksimal,” pungkasnya. (Yusri Mustaki)

Recent Posts

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

15 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

18 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

18 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

20 jam ago

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 hari ago

Al Habib Jindan Hadiri UNG Bersholawat, Ribuan Jamaah Penuhi Halaman Rektorat

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menggelar acara UNG Bersholawat, di mana ribuan jemaah…

1 hari ago