Pemprov Gorontalo

Tokoh Hindu Perlihatkan Keindahan Pura Pada Peserta Touring JWS 2020

PROSESNEWS.ID – Dalam perjalanan menuju Kabupaten Parigi Moutong (Parimo). Para peserta tour Jelajah Wisata Sulawesi (JWS) 2020 singgahi pura Gel-Gel di Desa Banggili, Kecamatan Banggili, Kabupaten Parimo. Senin, (24/02/2020).

Singgahnya para rombongan JWS yang dipimpin langsung Gubernur Rusli Habibie, bermula saat paserta melihat beberapa orang keluar dari pura menggunakan pakaian adat agama Hindu.

Merasa tertarik. Atas inisiasi Gubernur Rusli, iring-iringan kenderaaan tour Jelajah Wisata Sulawesi (JWS) 2020 pun dihentikan sejenak tepat di depan pura tersebut.

Rasa penasaran, satu persatu rombongan turun kendaraannya. Tak lama kemudaian datang beberapa orang keluar dari pura. Dalam kesempatan itu, semua peserta mulai menyalami orang-orang di sekitar pura.

Berselang waktu kemudian, barulah keluar tokoh agama Hindu. Lantas Gubernur Gorontalo dan semua rombongan disambut dengan baik. Segera Rusli kemudian menjelaskan maksud dan tujuannya singgah di pura tersebut.

Perbincangan yang hangat pun terjadi antara Rusli dan Tokoh agama Hindu tersebut. Barulah setalah bicara, semua peserta JWS dipersilahkan masuk untuk melihat-lihat aktifitas di dalam.

Ummat Hindu yang saat itu baru menyelesaikan upacara Odalan begitu ramah. Nampak penyambutan kepada peserta JWS sangat lah tulus. Sampai dipersilahkan untuk melihat keindahan tempat ibadah mereka.

Wayan Sweta saat dimintai keterangannya, mengatakan odalan memiliki makna yang dipercaya akan membawa umatnya ke dalam sebuah kehidupan beragama yang lebih baik. Upacara odalan merupakan sebuah ritual untuk menghormati Dewa yang berada di sebuah Pura.

“Kami melaksanakan upacara ini setiap enam bulan sekali. Dengan menggunakan metode perhitungan yang didasarkan pada Pakuwon Bali,” jelasnya.

Begitu kental rasa persaudaraan yang dimiliki Ummat Hindu, begitulah kata JK Merah Putih Community (JKMPC) H. Bakrie. Ia menyadari toleransi dan keberagaman sangat berkaitan erat dengan eksistensi komunitasnya itu. sebab katanya, sebutan Merah Putih merupakan lambang ke-bhinekaan.

“Bhineka tunggal ika melambangkan bahwa kita boleh berbeda, tapi kita diikat oleh satu tali, yaitu pancasila,” ungkapnya. (Ads)

Share
Published by
Editor

Recent Posts

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

17 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

19 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

20 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

22 jam ago

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 hari ago

Al Habib Jindan Hadiri UNG Bersholawat, Ribuan Jamaah Penuhi Halaman Rektorat

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menggelar acara UNG Bersholawat, di mana ribuan jemaah…

1 hari ago