Pemprov Gorontalo

Wakil Gubernur Ikuti Wawancara Penjurian Anugerah Paritrana

Wakil Gubernur Ikuti Wawancara Penjurian Anugerah Paritrana

PROSESNEWS.ID – Provinsi Gorontalo kembali masuk sebagai nominasi peraih Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau Anugerah Paritrana tahun 2021. Proses penjurian akhir bagi kandidat penerima Anugerah Paritrana yakni tahap wawancara kepala daerah yang diikuti oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim secara virtual di ruang kerjanya di Gubernuran Gorontalo, Selasa (15/2/2022).

Dihadapan tim penilai, Wagub Idris memaparkan berbagai inovasi yang sudah dilakukan Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam mendukung penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan, baik dalam bentuk kebijakan maupun regulasi. Dukungan regulasi meliputi Peraturan Gubernur Gorontalo Nomor 19 Tahun 2016 tentang Kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan Dalam Pemberian Pelayanan Perizinan dan Surat Edaran Gubernur Nomor 460/Dinas PMESDM/589/V/2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Pemerintah daerah berkomitmen untuk mendukung penuh penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan yang dilaksanakan oleh BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Idris.

Idris mengungkapkan, komitmen Pemprov Gorontalo bersama kabupaten/kota dalam penyelenggaraan jaminan sosial diwujudkan melalui upaya meningkatkan jumlah kepesertaan program jaminan kematian dan kecelakaan kerja bagi pekerja informal. Pekerja informal tersebut terdiri dari petani, nelayan, pengemudi bentor, pedagang pasar tradisional, imam masjid, pegawai sara, pemangku adat, non ASN, tenaga honorer, dan aparat desa.

“Kita meningkatkan kepesertaan untuk program jaminan kematian dan kecelakaan kerja bagi pekerja informal yang saat ini sudah mencapai 16.087 peserta,” ungkap Wagub Idris.

Anugerah Paritrana bertujuan untuk mendorong peran Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dan pelaku usaha dalam meningkatkan jumlah kepesertaan serta kepatuhan terhadap peraturan jaminan sosial ketenagakerjaan. Selain itu penghargaan ini juga sebagai bukti kepedulian pemerintah dan hadirnya Negara dalam memastikan kesejahteraan seluruh pekerja Indonesia.

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

2 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

2 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

4 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

8 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

8 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

12 jam ago