Deprov Gorontalo

Aleg Deprov Gorontalo Bakal ke Jepang Bahas Kerja Sama Lingkungan & Pertanian

Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Sofyan Puhi

PROSESNEWS.ID – Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo direncanakan akan melakukan kunjungan balasan ke Ehime, Jepang pada waktu dekat ini.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka menindaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) antara Ehime Jepang dan Provinsi Gorontalo.

Wakil Ketua Deprov Gorontalo, Sofyan Puhi mengatakan bahwa kunjungan balasan tersebut adalah respons atas kunjungan Gubernur Perfektur Ehime ke Gorontalo pada Januari 2023 yang lalu.

“Untuk kunjunjungan balasan, itu rencana bulan Juni, tapi tentatif acaranya nasih dikonfirmasi lagi ke KBRI di Jepang” ungkap Sofyan.

Sofyan juga menjelaskan bahwa keikutsertaan anggota DPRD dalam kunjungan ke Ehime Jepang adalah karena pemerintah daerah tidak dapat melaksanakan MoU tanpa dukungan politisi dan DPRD.

“Serta sebagai bentuk balasan kepada pemerintah Ehime yang telah melakukan kunjungan ke Gorontalo,” kata Sofyan.

Kunjungan balasan tersebut akan difokuskan pada kerjasama dalam bidang lingkungan, pertanian, alih teknologi, dan pendidikan yang telah disepakati dalam MoU.

“Kita MoU untuk Lingkungan, pertanian, kemudian untuk alih teknologi dan kerja sama tentang pendidikan ,” jelas Sofyan.

Sedangkan untuk anggaran, Sofyan menegaskan bahwa anggaran kunjungan balasan tersebut tergantung pada tentatif yang ada.

Kunjungan balasan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara Gorontalo dan Ehime serta membuka peluang kerjasama yang lebih luas di masa depan.

Reporter: Rijal Zulkarnaen

Share
Published by
Editor

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

4 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

9 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago