Nasional

Berkah Idul Fitri Untuk Warga Binaan Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal

Kepala Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal Rusdedy

PROSESNEWS.ID – Berbagai cara dilakukan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 ini, salah satunya dengan berbagi kepada sesama. Apalagi sampai saat ini, masih dalam kondisi pandemi, tentu banyak orang yang membutuhkan uluran tangan kita.

Seperti yang dilakukan Kepala Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal Rusdedy, dengan membagikan bingkisan sarung, Baju Koko dan Peci kepada warga binaanya.

Seluruh Warga Binaan pada Lapas Terbuka Kendal ia bagikan didalam Musolah AL-HADI saat acara Ramadhan Champ, di dalam lingkungan Lapas, Selasa (11/5/2021).

Dirinya menyebut, membagikan perlengkapan sholat seperti itu sudah menjadi kegiatan rutin yang ia lakukan menjelang lebaran.

“Ya ini memang biasa saya lakukan setiap ramadhan. Berbahagia di hari Raya Idul Fitri bukan hanya untuk masyarakat yg ada diluar tapi Narapidana yg ada didalam Lapas juga harus berbahagia,” kata Rusdedy.

Dirinya membuat suasana Ramadhan hingga Idul fitri yang berlaku di tengah tengah masyarakat juga harus dimeriahkan didalam Lapas sehingga kerinduan Narapidana dengan suasana tersebut dapat terobati salah satunya adalah memakai pakaian baru, bahkan kita akan menghadirkan kuliner lebaran pada saat acara ramah tamah dan pemberian remisi hari raya Idul fitri.

Kepala Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal Rusdedy saat menyerahkan bingkisan idul fitri

“Ya ini salah satu bentuk kepedulian kami kepada warga binaan. Apalagi di lapas kami, warga binaannya adalah mendekati masa pembebasan, setelah menjalani hukuman,” terang Rusdedi.

Kegiatan di Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal pada bulan suci Ramadhan harus tetap berjalan, terutama pelaksanaan ibadah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), baik sholat tarawih dan juga tadarus.

“Bagi WBP yang beragama Muslim saat Ramadhan merupakan momen spesial, pasti mereka ingin beribadah dengan baik, maka dari itu saya instruksikan kepada para pegawai dan warga binaan untuk bisa menggelar sholat tarawih berjamaah bagi WBP di Mushala yang ada di dalam Lapas, dengan menerapkan protokal kesehatan secara ketat,”ujar Rusdedy.

Salah satu warga binaan, Zaenuri (40) di Lapas Terbuka Kendal yang menerima sarung, baju koko dan peci, mengaku senang mendapat sarung menjelang Lebaran ini.

Sarung, baju koko dan peci tersebut, katanya, dapat dipakai untuk Shalat Idul Fitri mendatang.

“Alhamdulillah, saya senang mendapat jatah sarung, baju koko dan peci ini, bisa untuk Shalat Idulfitri mendatang dan akan saya simpan sebagai kenangan di Lapas yang penuh dengan rasa kekeluargaan ini,” ungkapnya. (HS).

Recent Posts

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

17 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

17 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

21 jam ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

2 hari ago

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership…

2 hari ago