Kab. Buton Tengah

Berkunjung ke UGM, Andi Muhammad Yusuf Bahas Ini

PROSESNEWS.ID — Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah (Buteng) Andi Muhammad Yusuf, berkunjung ke Universitas Gajah Mada (UGM) pada Jumat kemarin (23/01/2024) dalam rangka kerja sama di bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat (Tridharma).

Kerjasama ini ditandatangani oleh Andi Muhammad Yusuf dan Rektor UGM, Ova Emilia, di ruang Rektor UGM.

Sebagai wilayah kepulauan yang memiliki potensi strategis di bidang kelautan, diharapkan melalui kerjasama yang dibangun, mampu memberikan manfaat secara ekonomi terhadap masyarakat.

“Saya harapkan melalui kerjasama ini persoalan di Buteng (perikanan) dapat diatur dalam perjanjian kerja sama secara detail. Tidak hanya aspek perikanan, kalautan, pariwisata, namun juga pertambangan,” kata Pj Bupati Buteng, Andi Muhammad Yusuf.

Untuk itu, sambungnya, dibutuhkan kajian-kajian yang menyeluruh terkait manfaat ekonomi di bidang kelautan.

Tak sampai di situ, orang nomor satu Buteng ini berharap dengan MoU tersebut bisa membuka peluang untuk masyarakat Buteng menempuh studi S1, S2, S3 di UGM.

Sementara itu, Rektor UGM mengatakan terima kasih atas kepercayaan yang terjalin sejak tahun 2018. Ia berharap, kerja sama yang terjalin selama ini berjalan baik dan memberi manfaat.

“Kami sangat mengapresiasi jalinan kerja sama ini. UGM sangat fokus karena sebagai universitas juga memerlukan ruang atau ladang bermain yang dikaitkan dengan hal-hal praktis. Di situlah kita mengembangkan ilmu-ilmu,” ujar Ova Emilia.

Untuk potensi di bidang perikanan, kelautan, pariwisata dan pertambangan, menurut Rektor UGM, perlu dirinci kembali ke dalam detail PKS berikutnya.

UGM sangat berharap kerja sama yang terjalin bisa menyeluruh dari hulu ke hilir. Sehingga untuk budidaya lobster misalnya, tidak hanya membudidayakan lobster atau udang secara efisien, namun juga hingga pemasaran, dengan tetap menjaga kualitas akspor lobster atau udang.

Terkait peningkatan SDM, Rektor UGM mengusulkan kepada Pemkab Buteng untuk menyediakan beasiswa bagi siswa-siswi yang akan sekolah di perguruan tinggi, termasuk UGM.

“Kita berharap semoga yang telah di inisiasi bersama nantinya dapat mengembangkan daerah Kabupaten Buton Tengah,” tandasnya.

Reporter: Win

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

5 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

5 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

7 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

11 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

12 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

16 jam ago