Pemprov Gorontalo

Dispar Gorontalo Buka Peluang Investasi untuk Wisatawan

PROSESNEWS.ID – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Aryanto Husain mengatakan untuk membangun dan meningkatkan pariwisata di daerah tidak cukup jika hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Hal itu dikatakannya dalam wawancara Press Tour usai makan malam bersama 15 wartawan jakarta dan Biro Komunikasi Kemenparekraf RI, di Kopilabs Danau Perintis, Jumat (30/8/2024).

“Untuk merubah wajahnya (pariwisata) kita butuh investasi besar, hari ini kita masih banyak fokus didanai pemerintah melalui APBD. Makanya kita terus membangun komunikasi dengan pihak investasi dan sudah ada yang mulai kelihatan misalnya ini Danau Perintis berkembang bagus karena investasi bukan karena APBD,” ungkap Aryanto.

Aryanto mencontohkan salah satu destinasi wisata yang cukup populer dikunjungi masyarakat saat ini yakni Danau Perintis yang nampak berkembang dengan bagus karena adanya investasi. Ia juga mencontohkan Bolihutuo yang dibangun oleh pemerintah daerah namun saat ini terhenti pengelolaannya.

Untuk mendorong hal tersebut, dikatakan Aryanto Dispar Provinsi Gorontalo mendapat pelatihan Investment Project Ready to Offer (IPRO) dari Kemenparekraf. Ia juga mengaku telah beberapa kali bertemu dengan pihak-pihak yang ingin berinvestasi dan masih menunggu respon selanjutnya.

“Pengelolaan berbasis investasi itu memang menjadi tantangan utama kita, kalau potensinya memang banyak yang menunjukkan ketertarikan.
Saya beberapa kali bertemu dengan orang-orang yang ingin bangun hotel dan sebagainya, tinggal menunggu reaksinya, dan kami mempersilahkan,” ungkap Aryanto.

Selebihnya, Aryanto mengatakan bahwa pihaknya mempersilahkan siapapun jika ada yang ingin berinvestasi untuk memajukan pariwisata daerah. Sampai saat ini pengelolan dalam pendekatan investasi juga masih menjadi tantangan untuk pariwisata.

Recent Posts

Pasangan DEWA Tarik Ribuan Simpatisan di Kecamatan Tibawa

PROSESNEWS.ID – Deklarasi pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Wasito Sumawiyono, yang…

21 jam ago

Roni Adnan Siap Tingkatkan Kesejahteraan Imam dan Guru Ngaji

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Roni Adnan, mendapatkan sambutan meriah dari ratusan…

1 hari ago

Dua Bapaslon Pilkada Boalemo Terima Catatan SK Pengunduran Diri, Tiga Lainnya Lolos

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boalemo resmi mengumumkan hasil penelitian perbaikan administrasi bakal pasangan…

1 hari ago

KPU Kabgor Akan Rekrut 4.900 Anggota KPPS, Berikut Syaratnya

PROSESNEWS.ID - Anggota Komisi KPU Kabupaten Gorontalo, Sowan Dehi, mengungkapkan syarat-syarat penting dalam tahapan perekrutan…

1 hari ago

KPU Gorontalo Gelar Rakor Persiapan KPPS Menuju Pilkada

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) pada Sabtu, 14…

2 hari ago

Forkopimda Kabgor Pastikan Tidak Ada Izin untuk Trans Queen Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Gorontalo memastikan tidak ada izin yang dikeluarkan…

2 hari ago