Gorontalo

Kemarau Berkepanjangan, Petani Terpaksa Gunakan Mesin Alkon untuk Pengairan

PROSESNEWS.ID — Akibat dari musim kemarau yang panjang, sejumlah petani harus mengairi lahan pertanian dengan menggunakan mesin alkon.

Imbran (46), petani tomat yang merupakan warga Desa Bunggalo Kecamatan Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo, harus mengeluarkan banyak biaya tambahan untuk merawat tanaman agar terhindar dari gagal panen.

Salah satu beban ekstra yang harus ia tanggung adalah biaya bahan bakar untuk mesin alkon yang digunakan dalam proses pengairan.

“Setiap hari pak ini saya siram, pagi dan sore, karena kalo tidak pasti kalah banyak poli,” ungkap Imbran saat diwawancarai tim Prosesnews.id, Selasa (10/10/2023).

Berdasarkan pernyataan Imbran, setiap hari ia harus menggunakan 4 liter pertalite pada pagi dan 4 liter lagi pada sore hari untuk mesin alkonnya. Jadi, total pengeluarannya untuk bahan bakar adalah 8 liter pertalite per hari.

Dengan harga pertalite sebesar 12 ribu rupiah per liter, maka pengeluaran Imbran untuk bahan bakar setiap harinya mencapai 96 ribu rupiah (8 liter x 12 ribu rupiah).

Baca Juga: Harga Tomat Anjlok, Para Petani di Gorontalo Gigit Jari

“Banyak biaya yang keluar, hitung saja, setiap pagi itu 4 liter pertalite yang habis, sore juga bagitu, jadi 8 liter, kali saja dia 12 ribu,” beber Imbran.

Tantangan yang dihadapi petani di Gorontalo saat ini sangat serius. Mereka berharap agar usaha keras mereka selama musim kemarau ini tidak akan sia-sia.

Dengan perasaan harap, mereka juga menantikan hujan segera turun untuk mengakhiri musim kemarau yang panjang dan membawa kembali kesuburan ke lahan pertanian mereka.

Reporter: Pian N Peda

Recent Posts

Dukungan Relawan Mantan Kades Perkuat Kampanye Tonny-Marten

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

8 jam ago

Tonny Uloli dan Marten Taha Kukuhkan Relawan di 3 Kecamatan Kabgor

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

8 jam ago

Wasito Turun Langsung Mengedukasi Petani Boliyohuto dalam Pemanfaatan Lahan

PROSESNEWS.ID – Calon Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo, Wasito Sumawiyono, turun langsung ke lapangan bersama para…

1 hari ago

Ketua KPU Pohuwato Akui Hubungan Keluarga dengan Paslon Pilkada

PROSESNEWS.ID – Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, secara terbuka menyatakan…

1 hari ago

Rudy Tekankan Pentingnya Ikon Daerah untuk Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur, Rudy Salahuddin mengharapkan setiap kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo memiliki ikon…

1 hari ago

Rakor KPU Bone Bolango Bahas Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID – KPU Kabupaten Bone Bolango menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Serentak Tahun…

1 hari ago