Kab. Buton Tengah

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah – Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa hal yang menjadi tanggung jawab besar selama dipercaya oleh pusat memimpin Buteng, yakni mendorong penurunan angka stunting dan menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN).

Terkait stunting, Kostantinus menyampaikan, angkanya terus mengalami trend positif. Data EPPGBM Buteng hasil pengukuran di bulan Agustus 2023 lalu menunjukan angka 15,7% dari angka 22,4% di tahun sebelumnya.

“Untuk tahun ini angka stunting berdasarkan data EPPGBM kita berada 13,7% dan InsyaAllah akan terus membaik,” ucap Pj Bupati, Kostantinus Bukide dalam acara tatap muka dengan masyarakat Mawasangka di gedung kesenian, Jumat (05/07/2024).

Selain stunting, kata Kostantinus, tugas yang tidak kalah besar adalah menjaga netralitas ASN jelang Pilkada 2024 mendatang.

“Makanya pasca saya dilantik, saya mengeluarkan surat edaran terkait netralitas ASN, khususnya buat teman teman OPD, camat, lurah dan kepala desa serta seluruh perangkatnya,” katanya.

Netralitas itu, terang Kostantinus, bukan hanya kepada ASN saja. Namun kepada semua pihak menerima insentif dari pemerintah wajib menjaga netralitasnya.

“Jadi yang menerima secara rutin insentif dari APBD maupun APBN wajib netral. Kenapa wajib netral?, karena kita abdi negara, abdi masyarakat yang harus memberikan pelayanan,” katanya lagi.

Di waktu yang kurang lebih tinggal 5 bulan lagi jelang Pilkada, sambung Kostantinus, ia meminta kepada Camat Mawasangka untuk netral, mengingat para kandidat bupati ketiganya berasal dari Mawasangka.

Selain itu, ia juga meminta seluruh tokoh masyarakat dan pemuka agama untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah 2024. Berdasarkan data yang diterima, angka partisipasi masyarakat Mawasangka saat Pileg lalu berada di kisaran 19 ribuan.

“Jadi saya tadi dapat laporan dari camat bahwa partisipasi masyarakat ada di angka 19 ribuan. Angka ini belum ditambah dengan pemilih pemula di bulan November nanti yang bisa mencapai angka 20 ribuan,” terangnya.

Sebelum menutup sambutannya, orang nomor satu Buteng tersebut kembali mengingatkan kepada seluruh jajaran ASN untuk menjaga netralitas jelang Pilkada.

Bukti keseriusan menjaga netralitas, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak Bawaslu Buteng.

“Saya sudah ketemu dengan ketua Bawaslu dan saya sudah keluarkan surat edaran. Kalau nanti Bawaslu mengeluarkan rekomendasi pelanggaran ASN maka tidak sampai 1×24 jam kita akan jatuhkan sanksi. Jika tidak percaya, silahkan dicoba,” tutup Kostantinus (Adv).

Reporter: Arwin

Recent Posts

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

2 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

19 jam ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

23 jam ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

3 hari ago