Headline

Kritisi Perusahaan Tambang, Mahasiswa Sultra di Bacok, Pospera Angkat Bicara

PROSESNEWS.ID – Aksi pembacokan yang dilakukan Orang Tidak Dikenal (OTK), terhadap salah seorang Mahasiswa Sulawesi Tenggara belum lama ini. Menuai sorotan keras, dari Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Sulawesi Tengah. Jum’at, (03/01/2020).

Kejadian itu bermula, saat Korban Muhammad Iksan (23) bersama rekan-rekannya, melakukan aksi protes terhadap dua perusahaan tambang, yang beroperasi di Kabupaten Konawe Utara.

Usai melaksanakan aksi di Gedung DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Kamis, (02/01/2020). Tiba-tiba Muhammad Iksan, diserang OTK dengan menggunakan Senjata Tajam (Sajam).

Masa aksi menduga, tindakan kriminal itu dilakukan orang suruhan Perusahaan Tambang, yang telah di protes. Akibatnya, Muhammad Iksan, terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit, untuk dilakukan pertolongan medis.

Menanggapi peristiwa itu, Pospera Sulawesi Tengah. Melakukan pengecaman dan mengutuk keras kejadian Itu. Pospera pun, meminta Kapolda Sulawesi Tenggara. Untuk mengusut tuntas, secara profesional dan transparan.

Ketua Pospera Sulteng Aim Ngadi S.Kom menjelaskan, bukan hanya mengusut kekerasan. Tetapi pihak Polda juga diminta, untuk menindak lanjuti apa yang disuarakan oleh Mahasiswa, teekait Perusahaan Tambang yang diduga kuat telah melanggar beberapa UU.

Menurutnya, masih munculnya protes mahasiswa terhadap aktivitas. Terhadap dua Perusahaan Tambang, yang beroperasi di Konawe Utara. Menunjukkan penertiban, yang dilakukan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, belum efektif.

“Kami berharap, peristiwa ini bisa menjadi pintu masuk bagi penegak hukum, termasuk Pemprov Sulawesi Tenggara. Untuk memeriksa dan melakukan penertiban terhadap aktivitas, seluruh perusahaan tambang Nikel di Provinsi Sulawesi Tenggara,” tegasnya.

Selain itu kata Aim, kiranya Kapolda Sultra, memberikan perlindungan yang maksimal kepada korban dan keluarganya.

 

 

 

Penulis : Majid Rahman

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

9 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

14 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago