Pemprov Gorontalo

Operator Dapodik Gorontalo Siap Maju dengan Data Pendidikan yang Lebih Valid

PROSESNEWS.ID – Kegiatan bimbingan teknis guna penguatan kapasitas operator Dapodik di SMA, SMK, dan SLB se-Provinsi Gorontalo yang laksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo telah selesai dilaksanakan.

Kegiatan yang dilaksanakan di di Hotel El Madinah Mess Haji ini berlangsung selama dua hari yakni tanggal 28 – 29 Juli 2023.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Gorontalo, Ir. Rusli W. Nusi menjeloaskan, tujuan diadakanya kegiatan ini beberapa diantaranya adalah, pertama, meningkatkan pemahaman operator tentang pentingnya kualitas data dapodik.

Kedua, meningkatkan kualitas dan akurasi data dapodik sehingga terhindar dari data data yang bias. Ketiga, memperbaharui dan melengkapi data individual sekolah dengan verifikasi dan validasi peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan sehingga bebas dari invalid.

“Kegiatan ini sudah lama kita rencanakan, tapi baru bisa terlaksana sekarang. Kegiatan ini kita lakukan untuk penguatan terhadap operator dapodik, kita juga akan memberikan materi-materi terkai dengan bagaimana seharusnya mereka menjalankan tugas sebagai operator dapodik,” jelas Rusli.

Rusli juga mengungkapkan bahwa, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari hasil evaluasi sebelumnya, yang mana pihaknya menemukan sejumlah ketidaksesuaian dalam kerja operator Dapodik.

Sehingga, dilaksanakanlah kegiatan ini dengan harapan para operator Dapodik akan semakin terampil dalam mengelola data pendidikan yang akurat dan dapat dipercaya.

“Ini juga hasil dari evaluasi kami, bahwa masih banyak kerja-kerja dapodik iyu yang belum sesuai dengan harapan kami,” ungkap Nusi.

Sementara itu, seorang Operator di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kabupaten Gorontalo, Ismail Kasim yang merupakan salah satu peserta dalam kegiatan ini, menyatakan rasa syukurnya atas rangkaian materi yang diberikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Ismail mengungkapkan bahwa sebelumnya Ia sering menghadapi kesulitan dalam mengoperasikan dapodik, tetapi melalui kegiatan ini, Ia telah memperoleh pemahaman yang jelas.

“Saya merasa sangat bersyukur atas kegiatan ini. Materi yang diberikan sangat baik dan jelas, terutama terkait penggunaan dapodik. Sebelumnya, kami mengalami kendala dalam pengoperasian dapodik di sekolah, namun berkat bimbingan teknis ini, kami telah mendapatkan kejelasan dan pemahaman yang lebih baik,” ungkap Ismail dengan penuh rasa terima kasih.

Kegiatan bimtek yang diikuti oleh sekitar 137 peserta ini diharapkan menjadi langkah maju dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Gorontalo.

Reporter: Rijal Zulkarnaen

Recent Posts

Kepulangan Jemaah Haji Gorontalo Kloter 12 Disambut Pj Gubernur

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin menyambut kedatangan 450 jemaah haji yang tergabung…

18 menit ago

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

22 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

22 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

2 hari ago