Gorontalo

PLN Nusantara Power dan Pemprov Gorontalo Adakan Coastal Clean Up

PROSESNEWS.ID – PLN Nusantara Power bersama Pemerintah Provinsi Gorontalo merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan menggelar acara Coastal Clean Up (CCU) di Pantai Blue Marlin, Gorontalo, Rabu (5/6/24)

Acara ini merupakan bagian dari Nusantara Volunteering Program (NVP) yang dilaksanakan di 33 daerah sekitar unit pembangkit PLN NP di seluruh Indonesia. Kegiatan ini melibatkan berbagai instansi dengan proyeksi pengumpulan sampah mencapai 19,8 ton sepanjang bulan Juni 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh Pj. Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin, Direktur Manajemen Human Capital & Administrasi Karyawan PLN NP Aji, Sekda Provinsi Gorontalo Sofian Ibrahim, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Gorontalo Faizal Lamakaraka, serta Anggota DPR RI Provinsi Gorontalo Ida Syaidah Rusli Habibie.

PLN Nusantara Power juga berkolaborasi dengan Tanggidaa Group, komunitas penggerak dan pemengaruh yang fokus pada isu sampah dan kebersihan lingkungan. Tanggidaa Group merupakan komunitas binaan PLN Nusantara Power UPDK Gorontalo dan merupakan komunitas bhakti sosial terbesar di Gorontalo.

Pj Gubernur Gorontalo Mohammad Rudy Salahuddin menyampaikan rasa terima kasih sekaligus bangganya terhadap suksesnya acara ini. Apresiasi juga disampaikan kepada PLN Nusantara Power selaku pihak yang menginisiasi acara yang memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan juga lingkungan ini.

“Terima kasih saya sampaikan kepada PLN Nusantara Power yang telah menggandeng seluruh stakeholder untuk menggelar Coastal Clean Up hari ini. Acara ini menjadi momen penting untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran secara konsisten dalam memperbaiki lingkungan,” ujar Rudy Salahuddin.

NVP merupakan salah satu komitmen PLN NP terhadap tanggung jawab sosial perusahaan dengan melibatkan seluruh karyawan dalam kegiatan sukarela untuk menjawab kebutuhan dan solusi terhadap masalah sosial maupun lingkungan. Baik perusahaan, karyawan, maupun masyarakat dapat memetik manfaat dari kegiatan sukarelaan ini.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah menegaskan komitmen perusahaan dalam mendorong pelestarian lingkungan, khususnya di area sekitar unit pembangkit PLN NP.

“Sebagai generation company terbesar di Asia Tenggara, tidak saja kami memproduksi listrik berkualitas bagi masyarakat Indonesia, namun kami juga bekomitmen melestarikan lingkungan salah satunya melalui CCU hari ini yang menjadi bagian dari program perusahaan Nusantara Volunteering Program,” ujar Ruly.

PLN NP saat ini memiliki 4.842 pegawai yang berkompetensi tinggi dan dapat dimanfaatkan untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui berbagai kegiatan sukarela di tengah masyarakat. Dalam upaya mendukung optimalisasi potensi ini, program Nusantara Volunteering Program (NVP) secara aktif mendorong pegawai untuk terjun dalam berbagai aktivitas kesukarelaan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami bangga acara hari ini mampu menggerakkan lebih dari 1.000 orang untuk bersama-sama melakukan giat bersih pantai di Gorontalo. Ini menjadi motivasi dan inspirasi untuk acara serupa di tempat lainnya. Sepanjang bulan Juni ini, seluruh relawan PLN Nusantara Power akan terus bergerak untuk menggiatkan coastal clean up di seluruh penjuru nusantara,” tambah Ruly.

Aktivitas CCU di Gorontalo ini mencakup pengumpulan sampah, pemilahan sampah, penimbangan sampah, serta stand pameran barang hasil pengelolaan sampah.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia diselenggarakan setiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Peringatan ini dimulai ketika Majelis Umum PBB menetapkan 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Konferensi Stockholm tahun 1972.

Recent Posts

PT AGIT Rayakan HUT ke-3 dengan Peluncuran Program Pelatihan Bahasa Inggris dan Magang

PROSESNEWS.ID – Memperingati HUT ke-3, PT Anggrek Gorontalo Internasional Terminal (AGIT) meluncurkan serangkaian program sosial…

15 jam ago

Ayo Sukseskan Tracer Study untuk Lulusan SMK Tahun 2023, Wujudkan SMK Lebih Maju dan Hebat

PROSESNEWS.ID - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Dinas Dikbud Provinsi Gorontalo Bidang…

20 jam ago

SMKN 3 Gorontalo Tingkatkan Penguatan Karakter Peserta Didik untuk Cetak Generasi Siap Kerja

PROSESNEWS.ID - SMKN 3 Gorontalo terus memperkuat program pengembangan karakter peserta didik sebagai upaya mencetak…

20 jam ago

Pasangan Gusnar-Idah Dengar Keluhan Warga Tenilo Terkait Tanggul Sungai

PROSESNEWS.ID – Saat melaksanakan kampanye blusukan di Kelurahan Tenilo, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, pasangan calon…

2 hari ago

Konflik Panwascam dan PPS di Gorontalo, Ini Sikap KPU dan Bawaslu

PROSESNEWS.ID – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Gorontalo, berbagai lembaga seperti KPU, Bawaslu,…

2 hari ago

Terbukti Cabuli Keponakan, Pria di Gorontalo Terancam 15 Tahun Penjara

PROSESNEWS.ID - Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Satreskrim Polresta Gorontalo Kota menetapkan tersangka dan melakukan…

2 hari ago