Pemkot Gorontalo

Wali Kota Gorontalo Ajak Jaga Persatuan di Tengah Dinamika Politik

PROSESNEWS.ID – Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, mengemukakan bahwa dalam menghadapi dinamika politik di Indonesia memiliki kemiripan dengan merawat keanekaragaman yang ada dalam bangsa ini.

Pernyataan ini disampaikan oleh Marten saat menjadi narasumber dalam acara Dialog Kebangsaan dengan tema “Merawat Kesatuan Bangsa di Tahun Politik untuk Indonesia Maju,” di Ballroom Hotel GrandQ pada hari Minggu, (20/8/23).

“Kita sebagai bangsa Indonesia memang sudah sejak lama menghadapi kenyataan bahwa perbedaan adalah bagian dari identitas kita, baik dalam suku, bangsa, agama, etnis, budaya, dan berbagai aspek lainnya. Oleh karena itu, keanekaragaman ini perlu dijaga dan dirawat,” ujar Marten.

Marten juga menyebut bahwa tantangan dalam dinamika politik Indonesia sering kali memiliki pola yang berulang. Dinamika politik ini cenderung muncul menjelang tahun-tahun politik dan sering kali menjadi momen krusial yang menguji sejauh mana kekokohan persatuan di tengah perbedaan pendapat dan aspirasi yang semakin beragam.

Dirinya juga menyatakan bahwa semakin besar perhatian yang diberikan pada tahapan politik dan perubahan kekuasaan, maka risiko polarisasi dan perpecahan akan semakin tampak jelas. Oleh karena itu, Marten menganggap penting untuk memiliki pendekatan yang bijak dalam menghadapi situasi ini.

“Sekalipun dinamika tersebut tak dapat dihindari, kita sebagai warga bangsa memiliki potensi besar untuk menghadapi tantangan ini dengan bijaksana dan matang,” tambahnya.

Dengan demikian, Marten berharap bahwa tugas yang tak terpisahkan dalam pembangunan demokrasi adalah menjaga kesatuan bangsa. Marten juga menegaskan pentingnya peran bersama dalam merawat nilai-nilai dasar demokrasi yang menjadi pijakan kita.

“Oleh karena itu, menjaga kesatuan bangsa adalah tanggung jawab bersama dalam proses demokrasi yang kita junjung tinggi,” tutup Marten.

Pernyataan ini mencerminkan pentingnya memelihara persatuan dan menghadapi dinamika politik dengan kepala dingin dan sikap bijak demi mencapai kemajuan Indonesia yang lebih lanjut.

Reporter: Zulkarnaen

Recent Posts

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

1 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

2 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

21 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

24 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

24 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago