Dampak Ekonomi Ditimbulkan Corona, Pemkab Gorontalo Akan Bantu Masyarakat

Dalam rangka penanganan masyarakat yang mengalami dampak akibat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Goorontalo gelar rapat bersama di Ruang Kerja Bupati Gorontalo, untuk membahasnya. Rabu, (1/4/2020).

PROSESNEWS.ID – Dalam rangka penanganan masyarakat yang mengalami dampak akibat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Goorontalo gelar rapat bersama di Ruang Kerja Bupati Gorontalo, untuk membahasnya. Rabu, (1/4/2020).

Dalam rapat tersebut dipimpin langsung Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo, yang turut hadir juga Sekda, Kadis Pertanian, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Peternakan & Keswan, Kadis Perikanan dan undangan lainnya.

Dalam keterangannya, Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, rapat khusus tentang pencegahan dan pengalaman sosial itu akan selesai minggu depan.

“Semua kita akan realisasikan baik itu yang terkait dengan abang bentor, angkot termasuk 22 ribu masyarakat miskin kita berikan minggu depan,” kata Bupati Gorontalo.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Nelson menjelaskan, rapat tersebut membicarakan khusus tentang pertanian, peternakan, perikanan, dan ketahanan pangan. Sebab katanya, di sana ada kurang lebih petani miskin itu 34 ribu, termasuk nelayan. Jadi kata Nelson, nelayan itu ada 2 ribu lebih harus dipikirkan, juga petani, nelayan dan peternak akan dipikirkan bagaimana mereka dibantu.

“Nah kami membantu pertama melalui safty sosial itu, pengaman sosial itu sudah ada dinas sosial, tapi yang kedua lagi yang kita pikirkan pemulihan mereka, contohnya, saya lihat nelayan kita hari ini, tetap berproduksi. Problema mereka adalah yang membeli tidak ada, harga ikan di nelayan laut itu murah, apalagi yang di nelayan danau tidak ada lagi yang beli. Kasihan terus mereka mau jadi apa,” jelas Nelson.

Sehingganya kata Nelson, jangka panjang untuk pemulihan nanti, pemerintah akan pikirkan bagaimana dibantu, sesuai dengan pekerjaan mereka.

“Contohnya, terutama petani-petani buruh kita bantu, misalnya alat mereka untuk menjadi buruh tani kita kasih mungkin Alsintan,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Nelson, pemerintah sementara merancang untuk data mereka.

“Dan minggu depan kita akan finalkan lagi data mereka, pengaman sosial mereka, pemulihan apa yang akan bantu,” tutup Nelson. (Adv/Ryan)

Komentar