DPRD Kota Gorontalo

DPRD Kota Gorontalo Akan Kaji Kembali RPJPD 2024—2045

PROSESNEWS.ID — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo akan mengkaji kembali Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Gorontalo untuk periode 2024—2045.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi C DPRD Kota Gorontalo Irwan Hunawa usai kegiatan konsultasi publik penyusunan RPJPD Kota Gorontalo di halaman Rumah Adat Dulohupa pada Selasa, (17/10/2023).

Dalam sebuah wawancara, Irwan Hunawa menyatakan RPJPD adalah aspek penting dan menjadi landasan bagi pemerintahan yang akan datang di Kota Gorontalo.

Irwan juga menjelaskan RPJPD ini merupakan sebuah “grand design” yang akan membimbing visi pembangunan daerah selama periode 2024-2045.

“Jadi ini adalah grand design, untuk 2024-2045, nanti yang akan melanjutkan pemerintahan, RPJPD ini akan menjadi pijakan,” jelas Irwan saat.

Meskipun RPJPD bukan merupakan kewajiban mutlak bagi pemerintahan berikutnya, Irwan Hunawa menilai dokumen perencanaan ini adalah bagian dari singkronisasi program-program pemerintahan sebelumnya.

Dalam peranannya, sebagai anggota legislatif, Irwan berkomitmen untuk secara cermat memeriksa dan mengkaji ulang rancangan RPJPD ini.

“Nanti kita akan menunggu jadwal rapat resmi, namun yang pasti, kami akan membahas dan memeriksa kembali rencana pembangunan jangka panjang ini,” tegasnya.

Konsultasi publik ini merupakan langkah penting dalam proses penyusunan RPJPD, yang akan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dan masyarakat umum untuk memberikan masukan dan pandangan terkait visi pembangunan Kota Gorontalo dalam dua dekade mendatang.

Harapannya, RPJPD yang disusun akan mencerminkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat, serta menjadi landasan kuat bagi kemajuan dan pembangunan yang berkelanjutan di kota ini.

Reporter: Pian N Peda

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

4 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

9 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago