Gorontalo

Polda Gorontalo dan Pemprov akan Bahas Regulasi Sepeda Listrik

PROSESNEWS.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo akan membahas peraturan daerah (Perda) terkait kenderaan sepeda listrik bersama Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Dewasa ini, sepeda listrik tidak hanya sebagai kenderaan untuk sekadar bersantai-santai ataupun gaya-gayaan, melainkan sudah menjadi kebutuhan dan menjadi transportasi untuk aktivitas sehari-hari.

Terkait hal tersebut, Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Angesta Romano Yoyol berencana akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi terkait aturan yang akan diberlakukan untuk para pengguna sepeda listrik.

“Untuk sepeda listrik ini kami masih bingung, apakah sepeda listrik atau motor listrik karena sudah menggunakan mesin, dan nanti ini akan kita komunikasikan bersama pak gubernur, apakah perlu perda,” kata Irjen Pol Angesta saat diwawancarai oleh sejumlah media di Polda Gorontalo, Senin (04/09/2023).

Lebih lanjut, Irjen Pol Angesta mengatakan, sepeda listrik telah banyak dijual di berbagai lokasi, baik di kota maupun di desa-desa. Ini menunjukkan adanya kebutuhan yang cukup besar akan sepeda listrik di masyarakat. Selain itu, penggunaan sepeda listrik juga telah merambah ke jalan-jalan umum atau jalan raya, bahkan digunakan oleh anak-anak.

Oleh karena itu, perlu diatur dengan jelas bagaimana penggunaan sepeda listrik di jalanan umum untuk menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas.

“Ini sudah menjadi hal biasa, ke pasar naik sepeda listrik, dan anak-anak kecil juga menggunakannya, bukan di jalan tertutup tapi sudah di jalan raya yang khusus untuk kenderaan berat,” tutupnya.

Dengan demikian, Polda Gorontalo sedang berupaya untuk mengatasi kebingungan terkait regulasi sepeda listrik dan akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk menciptakan peraturan yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Reporter: Pian N Peda

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

9 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

14 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago