Sekda Ridwan Imbau Para Kades Memaksimalkan Pembangunan Pamsimas

Menurut Sekda Ridwan, pembangunan sarana dan prasarana pamsimas diberikan berdasarkan penilaian dari Pemerintah Daerah.

Rapat Koordinasi dan evaluasi desa pasca progres pelaksanaan program pamsimas III TA 2020, dan perencanaan desa 2021 di Kabupaten Gorontalo Utara.

PROSESNEWS.ID – Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara, Ridwan Yasin berharap, pelaksanaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas)┬ábenar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Hali ini diungkapkan Ridwan Yasin, saat melaksanakan Rapat Koordinasi dan evaluasi desa pasca progres pelaksanaan program pamsimas III TA 2020, dan perencanaan desa 2021 di Kabupaten Gorontalo Utara.

Rapat tersebut berlangsung di Aula Kantor Permukiman dan Perumahan Gorontalo Utara. Hadir pada rapat, PLT Kepala Dinas Perkim, PLT Asisten 1 dan juga para kepala desa Gorontalo Utara. Selasa. (25/8/2020)

Menurut Sekda Ridwan, pembangunan sarana dan prasarana pamsimas diberikan berdasarkan penilaian dari Pemerintah Daerah. Antara lain yang selalu kekeringan atau kesulitan mendapatkan air bersih dimusim kemarau panjang.

Hal ini juga menurut Ridwan, sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Saya juga tadi sudah sampaikan kepada aparat desa yang hadir, yaitu para kepala Desa untuk memaksimalkan pembangunan pamsimas ini, agar supaya pemanfaatannya dapat berlangsung dengan baik dan dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” Kata Ridwan.

Selain itu, dalam upaya mencari mata air yang baik dan berkualitas Kata Ridwan, Masyarakat juga diharapkan bisa melibatkan diri dan juga para ahli yang mengerti teknik dan pelaksanaanya.

Selain itu Lanjut Ridwan, Mata air yang digunakan sebagai sumber air juga harus di jaga, agar pemanfaatan dari program Pamsimas ini dapat digunakan dalam jangka panjang.

“Soal mata Air, kami rasa bisa di deteksi bagaiamana membangun dan mendapatkan debit air yang bagus. Dan itu pasti tekniknya yang lebih mengetahuinya, Sehingga saya juga sudah sampaikan kepada aparat desa agar pembangunannya jangan asal bangun saja. Libatkan juga ahlinya. Jangan sampai hari ini selesai dibangun dan diresmikan, satu minggu kemudian airnya sudah tidak jalan lagi,” tegasnya

Lebih lanjut, Ridwan juga meminta agar pemanfaatan air bersih nanti ada iurannya. Iuran tersebut nantinya akan digunakan sebagai pemeliharaan program dari Pamsimas.

Iuran tersebut, kata Ridwan, berdasarkan pada peraturan yang akan dibuat oleh desa nanti dan sebisa mungkin jumlah iuran itu tidak terlalu membebani masyarakat.

“Saya juga tadi sudah meminta kepada aparat desa agar supaya ini ada iurannya, dengan berdasarkan pada peraturan desa dan untuk memelihara keberlangsungan itu sendiri. Dan tentunya jumlah iuran tersebut tidak terlalu membebani masyarakat,” kata Ridwan

Rencananya dalam waktu dekat ini Pihaknya, akan turun langsung ke desa desa untuk mengecek pelaksanaan program Pamsimas tersebut. (Yusri Mustaki)

Komentar