Gubernur Rusli : Berkebun di Pekarangan Rumah Sangat Dirasakan Manfaatnya

Rusli menguraikan adanya pemanfaatan pekarangan ini bertujuan untuk mengurangi biaya masyarakat untuk kebutuhan dapur.

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie ( kiri) bersama istri Idah Syahidah (baju biru) saat memanen sayuran yang menggunakan sistem aquaponik di pekarangan rumah pribadinya beberapa waktu lalu. ( foto : Dok. Humas)

PROSESNEWS.ID – Memanfaatkan pekarangan rumah yang luas, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, cukup melangkah ke pekarangan rumahnya untuk mencukupi kebutuhan sayuran keluarga.

Iapun memberi contoh yang dilakukan oleh istrinya yang juga anggota DPR RI, Idah Syahidah.

“Sesibuk-sibuknya dia, masih mengurus tanaman. Sejak kami canangkan ini sampai sekarang, mau butuh cabai langsung ambil, begitu juga dengan sayuran,” ungkap Rusli saat diwawancarai oleh media pada kegiatan gerakan diversivikasi dan ekspose UMKM pangan lokal Provinsi Gorontalo yang dirangkaian dengan pengumuman pemenang lomba pekarangan di depan rumah dinas gubernur, Rabu (19/82020).

Rusli menguraikan adanya pemanfaatan pekarangan untuk berkebun ini bertujuan untuk mengurangi biaya masyarakat untuk kebutuhan dapur, dan sangat bermanfaat jika lakukan.

“Jadi untuk belanja kebutuhan dapur sudah tertekan dan sudah nol. Dia butuh cabe ada, bawang ada, ikan pun ada disitu, apalagi rumah-rumah di Gorontalo ini cukup luas. Saya sudah membuat kebijakan untuk rumah-rumah yang dapat bantuan khusus dari pemprov itu wajib memanfaatkan halaman rumah untuk tanaman tadi, kalau tidak saya akan geser ke orang lain,” jelas Rusli.

Selain mendapatkan kebutuhan sayuran di pekarangan sendiri, pemanfaatan pekarangan juga memberi pengaruh dalam perekonomian.

“Bawang rica tomat ini sangat mempengaruhi inflasi kita selain rokok, kenapa kita tidak memanfaatkan halaman kita ini yang begitu luas untuk kebutuhan dapur,” pungkas Rusli. (Ads)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *