Pemda Boalemo Siapkan 1000 Unit Rumah Layak Huni  Untuk Warga

PROSESNEWS.ID – Pemenuhan kebutuhan rumah sehat dan layak huni, menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Boalemo.

Di tahun 2020 ini, Pemkab Boalemo menargetkan 1000 unit rumah sehat dan layak huni, diperuntukkan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Boalemo Ir. Anas Jusuf. Ia menyebutkan, selain 1000 unit rumah ini, ada juga sanitasi masyarakat sebanyak 850 unit.

Dijelaskannya, program tersebut, merupakan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang diperuntukkan, untuk semua Desa di Kabupaten Boalemo, dengan melihat skala prioritas.

“Perumahan progresnya sudah sekitar 50 %. Kalau sanitasi, masih tahap persiapan,” kata Anas, kepada Prosesnews.id, Rabu, (09/09/2020).

Ia mengatakan, pembangunan rumah dan sanitasi tersebut, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2020.

“Kalau rumah ini diseluruh Kecamatan itu, anggarannya sekitar 20 milyar. Sementara sanitasi, 1 desa dapat 50 unit dan saat ini ada 17 desa sementara jalan,” terangnya

Anas berharap, adanya bantuan dari Pemkab Boalemo ini, kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat, bisa mengalami peningkatan sebagaimana Visi-Misi Pemerintahan DAMAI.

“Semoga bantuan rumah dan sanitasi ini, masyarakat Boalemo bisa lebih leluasa tinggal, hidup dan bekerja, guna pemenuhan kebutuhan keluarganya,” harapnya. (Adv/Majid)

Komentar