Rahman Genti : Bumdes Maju, Masyarakat Sejahtera

Menurutnya, rata-rata yang menjadi problem pokok pengelolaan Bumdes ini, salah satunya Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak mumpuni.

PROSESNEWS.ID – Rata-rata Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Boalemo, masih belum menunjukkan keberhasilannya.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Anggota DPRD Kabupaten Boalemo, Abdul Rahman Genti S.Pd.I, kepada awak media Prosesnews.id.

Menurutnya, rata-rata yang menjadi problem pokok pengelolaan Bumdes ini, salah satunya Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak mumpuni.

“Saya melihat, masih banyak Bumdes kita yang hanya jalan ditempat. Padahal, Dana Desa yang digelontorkan, tidak sedikit,” ungkapnya. Rabu, (12/08/2020).

Terkait kendala tersebut, dirinya menghimbau kepada pihak-pihak terkait, khususnya Pemerintah Desa. Agar, lebih selektif lagi merekrut para pengurus Bumdes.

“Kita jangan hanya memikirkan alokasi dananya yang besar, lalu menghabiskannya dengan rapih. Sebab, substansinya adalah mendorong pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Desa itu sendiri,” tukasnya

Dijelaskannya, tujuan Bumdes sesuai Permendesa PDT dan Transmigrasi No. 4/2015, adalah untuk meningkatkan perekonomian Desa. Meningkatkan usaha masyarakat, dalam pengelolaan potensi ekonomi Desa.

“Saya tentu berharap, ini menjadi perhatian kita bersama. Jika Bumdes Kita Maju, masyarakat kita juga pasti akan ikut merasakan manfaatnya,” tandasnya

Terakhir kata Politisi Partai Demokrat ini, meski demikian, dirinya tetap mengapresiasi sejumlah Bumdes, milik beberapa Desa di Kabupaten Boalemo yang telah berhasil memperlihatkan eksistensinya. (Adv/Majid Rahman)

Komentar