Komisi I Dekab Boalemo, Kunjungi Bumdes Daenaa

Dimana, Bumdes tersebut, merupakan salah satu dari tiga Bumdes terbaik di Kabupaten Gorontalo, yang pernah dikunjungi Dirjen Kementrian Desa dan Daerah Tertinggal.

PROSESNEWS.ID – Komisi I DPRD Boalemo, kembali melakukan studi komparatif, dengan memilih berkunjung ke Kabupaten Gorontalo. Rabu, (12/08/2020).

Anggota Komisi I Harijanto Mamangkey menyebutkan, kunjungan tersebut merupakan kunjungan ke Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bina usaha, di Desa Daenaa, Kecamatan Limboto Barat.

Dimana, Bumdes tersebut, merupakan salah satu dari tiga Bumdes terbaik di Kabupaten Gorontalo, yang pernah dikunjungi Dirjen Kementrian Desa dan Daerah Tertinggal.

“Bumdes ini, bergerak di usaha Ketersediaan Sarana Produksi (Saprodi) seperti pupuk, benih, bibit dan obat obatan yang merupakan syarat pokok, dalam suksesnya usaha,” kata Harijanto

Dimana, posisi Bumdes sendiri sebagai penyangga harga, ketika harga di tingkat petani anjlok pada saat memasuki panen raya.

Hal senada diungkapkan Anggota Komisi I, Abdul Rahman Genti. Dijelaskannya, kunjungan yang dilakukan pihaknya, untuk melihat kemajuan Bumdes Bina usaha, milik Desa Daenaa, Kecamatan Limboto Barat.

“Tak salah, Bumdes di Desa Daenaa ini, adalah Bumdes terbaik 3 di Kabupaten Gorontalo. Alhamdulillah, Banyak hal yang bisa kita jadikan pedoman dalam hal keajuan Bumdes kita,” kata Abdul Rahman Genti

Diantaranya kata Aleg muda DPRD Boalemo ini, yaitu dengan melihat dan memanfaatkan potensi seperti sektor pertanian. Kemudian didorong melalui Bumdes itu sendiri.

“Saya melihat, Bumdes disini selain usahanya lancar dalam peningkatan pendapatan Desa, juga memiliki keberpihakan terhadap masyarakat klas produksi mayoritas, yaitu para petani,” ketusnya. (Adv/Majid Rahman)

Komentar